Politik

Pastikan Bebas Covid, Bawaslu Rapid Test Seluruh Pengawas

Rapid Test Bawaslu Tarakan. (Foto: Sahida)

TARAKAN, Koran Kaltara – Seluruh staf dan petugas pengawas di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tarakan menjalani rapid test sejak Senin (29/6/2020). Anggota Bawaslu Tarakan, Jufri menuturkan, rapid test akan dilaksanakan secara bertahap hingga akhir pekan ini.

“Kami kan dibatasi sampai Minggu (5/7/2020). Kita kasih kelonggaran, karena kan ada yang pengawas verifikasi faktual (verfak) di lapangan,” ujarnya, dikonfirmasi Kamis (2/7/2020).

Rapid test ini dilakukan selain untuk memastikan kesehatan para pengawas sebelum turun ke lapangan juga mengikuti instruksi dari Bawaslu RI. Tidak hanya pengawas, tapi seluruh staf di Bawaslu Tarakan juga dilakukan test. Termasuk seluruh penyelenggara pilkada, KPU Tarakan juga diwajibkan untuk dilakukan rapid test.

“Memang ada di aturan dan kita mengutamakan kesehatan juga. Petugas di lapangan bebas dari Covid-19 saat melakukan verifikasi faktual,” imbuhnya.

Dari hasil rapid test ini, jika ada yang reaktif maka akan dilakukan uji swab dan petugas dirumahkan sementara hingga hasil swab keluar.

Selain itu, apabila petugas yang batuk pilek juga diminta untuk tidak masuk kerja dulu, hingga sembuh untuk menghindari sistem imun menurun dan mudah terkena Covid-19.

Rapid test ini juga salah satu persyaratan untuk melakukan pengawasan di lapangan dalam verifikasi faktual yang sedang berlangsung saat ini. Diakui Jufri untuk petugas yang melakukan pengawasan verifikasi faktual, sebenarnya harus sudah selesai dirapid test dan hasilnya non reaktif.

“Tapi, kita mengikuti instruksi dari Bawaslu Provinsi dan saat ini masih berjalan rapid test. Jadi kita hanya melaksanakan saja,” tandasnya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah