Kaltara

Pasien Sembuh Terbanyak di Kabupaten Nunukan

DISIPLIN – Meski pasien sembuh terus bertambah, gugus tugas mengimbau protokoler kesehatan tetap dijalankan. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Total 54 Orang di Kaltara, Pasien yang Dirawat Masih 107 Orang

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih terus merebak di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Kalimantan Utara (Kaltara). Namun beberapa hari terakhir, penambahan kasus terkonfirmasi positif di provinsi termuda ini tidak terlalu signifikan. Bahkan, dari seratus lebih pasien yang tengah menjalani perawatan, puluhan orang telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit tempat dia dirawat.

Hingga Kamis (21/5/2020), pasien yang dinyatakan sembuh berdasarkan uji swab total sebanyak 54 orang. Dari jumlah itu, paling banyak di Kabupaten Nunukan. Apalagi terkonfirmasi sembuh terbaru sebanyak tiga orang juga dari Nunukan sehingga total sembuh sebanyak 21 orang. Adapun di daerah lain yakni Tarakan terdapat 12 orang yang sembuh, Malinau 11 orang dan Bulungan 10 orang.

“Kami menerima konfirmasi positif yang sembuh, ada tambahan tiga orang data sembuh itu dari Nunukan. Pertama atas nama (inisial) SKR, laki-laki usia 43 tahun, kedua FDS, laki-laki usia 45 tahun. Dua orang ini dari Klaster Jamaah Tabligh (Ijtima Ulama Gowa). Dan yang ketiga ARS, laki-laki usia 61 tahun, ini punya riwayat perjalan dari Malaysia,” jelas Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, kemarin.

Dengan bertambahnya pasien yang sembuh tersebut, total pasien yang sembuh di Kaltara sebanyak 54 orang. Pasien positif terbaru, juga ada penambahan sebanyak dua orang di Kota Tarakan. Yakni seorang laki-laki inisial US (66 Tahun) dan seorang perempuan inisial RD (57 Tahun). “Dua orang ini masih merupakan transmisi lokal dari kontak erat Klaster Jamaah Tabligh (Ijtima Ulama Gowa),” sebutnya.

Dengan adanya penambahan dua pasien positif virus corona di Tarakan, sehingga daerah ini menjadi kasus terkonfirmasi terbanyak secara akumulasi yakni 44 kasus. Menyusul daerah lainnya yakni Nunukan dengan 43 kasus, Bulungan 39 kasus, Malinau 33 kasus dan Tana Tidung 3 kasus.

“Jumlah (akumulasi) kasus konfirmasi positif di Kaltara sebanyak 162 orang. Yang dinyatakan sembuh sebanyak 54 orang, meninggal dunia satu orang (saat status PDP), sehingga yang sedang menjalani perawatan ada 107 orang,” bebernya.

Disamping pasien yang sembuh dari covid-19 di Kaltara terus bertambah, namun pasian yang masih menjalani perawatan masih berjumlah 107 orang. Artinya pandemi ini masih harus menjadi perhatian bersama. Sehingga gugus tugas tetap menekankan agar masyarakat disiplin dalam menjalankan protokoler kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Dengan demikian, bencana nasional non-alam ini bisa diatasi secara bersama-sama. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendadak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah