Tarakan

Pasien Aktif Covid-19 Tarakan Sebanyak 334 Orang, Kasus OTG Hanya 20 Persen

Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Kasus konfirimasi positif Covid-19 di Kota Tarakan kembali bertambah. Per hari ini, Sabtu (28/11/2020) terdapat penambahan kasus sebanyak 29 orang sehingga jumlah akumulatif kasus konfirmasi positif menjadi 766 orang.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Tarakan, dr Devi Ika Indriarti mengatakan, dari 29 kasus baru itu rata-rata kontak erat dan kasus suspek. Ada kontak erat dari salah satu keluarga kemudian menularkan keluarganya yang lain.

“Kita harus mengetahui ganasnya virus ini dan rata-rata masa inkubasi 14 hari ada yang 21 sampai 28 hari, maka perlu menjaga protokol kesehatan,” ungkapnya.

Devi mengatakan, selain tambahan positif baru, hari ini juga terdapat penambahan pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 20 orang. “Jadi total pasien sembuh sampai saat ini sebanyak 424 orang, sedangkan pasien yang masih dirawat dan dilakukan pemantauan sebanyak 334 orang,” tuturnya.

Kemudian dari 334 pasien yang masih dirawat di rumah sakit dan dilakukan pemantauan terbanyak adalah kasus suspek atau bergejala dari ringan sampai berat.

Orang tanpa gejala (OTG) total hanya 20 persen atau sekitar 69 orang, sisanya kasus suspek yang memerlukan perawatan. “Maka saat ini kita lakukan pemilihan atau prioritas sedang sampai berat dirawat di rumah sakit sisanya melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Satgas Covid-19 Tarakan terus berupaya menegaskan, jangan sampai pasien isolasi mandiri dilakukan perawatan lantaran masih banyak pasien dengan gejala berat sudah dilakukan isolasi di rumah sakit.

“Pasien sampai saat ini masih antre, jadi harapannya tidak ada peningkatan kasus dan pasien isolasi mandiri jangan sampai dirawat,” ucapnya.

Jumlah kasus suspek yang dipantau saat ini sebanyak 112 orang, sedangkan kontak erat sebanyak 1.119 orang. Sementara untuk jumlah kasus konfirmasi meninggal dunia sebanyak delapan orang. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah