Ekonomi Bisnis

Pasar Tenguyun Akan Dirombak Menjadi Pasar Modern

Los Pasar Tenguyun yang akan dirombak. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Sebelumnya satu los Pasar Tenguyun, tepatnya los pasar ikan dan sembako dirombak, tahun ini giliran los pasar bagian tengah juga akan dirombak menjadi pasar modern.

Tahun ini Pemerintah Kota Tarakan kembali mendapatkan alokasi anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan untuk merenovasi Pasar Tenguyun dengan total anggaran Rp6 milliar.

“Ini tahap kedua kita bangun sama seperti tahap pertama, anggaran kurang lebih Rp6 milliar untuk pembangunan Pasar Tenguyun, khususnya di los pasar bagian tengah,” ujar Kadis Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Untung Prayitno, Sabtu (17/4/2021).

Rencana pembangunan pasar akan dimulai tahun ini. Saat ini masih proses administrasi.

Pedagang pasar nantinya akan dipindahkan sementara di los pasar yang baru dibangun tahap pertama dan pembukaan lapak sementara di area parkir.

“Walaupun yang tahap pertama belum jadi kita akan pindahkan sementara ke sana.  Kemudian sebagian besar sementara kemungkinan di area parkir,” katanya.

Untung mengatakan, jumlah lapak dan kiso di los pasar bagian tengah jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan los pertama yang dibongkar. Jumlah kios ada 60 unit, kemudian lapak ada 120 unit.

Pemkot Tarakan menilai, kondisi pasar saat ini sudah mulai kumuh, jalan sudah tidak bersih, sehingga masyarakat enggan untuk berbelanja di pasar.

Performa ini sangat penting meski pasar tradisional harus bersih dan nyaman.

“Kita akan bantu para pedagang di pasar agar bisa bangkit. Alasan kenapa orang lebih memilih berbelanja di supermarket karena lebih nyaman,” ungkapnya.

Jika konsep tersebut dibuat di pasar tradisional kemungkinan pasar akan lebih ramai. Tentu setelah dibangun nantinya akan dilakukan pengawasan sehingga tidak ada lagi pasar kotor. Selain itu,  barang dagangan tidak ditempatkan di lorong pasar yang fungsinya memberikan kenyamanan orang berbelanja. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik