Ekonomi Bisnis

Pasar Mitra Tani Kaltara Sukses Adakan Bazar Online Sambut Iduladha

Aktivitas di Pasar Mitra Tani Kaltara. (Foto: Agung)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pasar Mitra Tani di Kalimantan Utara, telah sukses mengadakan Bazar Online untuk menyambut Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah tahun ini. Dalam satu rangkaian Gelar Pangan Murah setiap Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Bazar Online diadakan mulai tanggal 14 sampai 19 Juli kemarin.

Sejumlah barang yang dijual yaitu beras lokal ukuran 10 kilogram (kg) dengan harga Rp110 ribu, daging sapi beku seharga Rp98 ribu/kg, beras premium seharga Rp11.500/kg dan daging ayam beku seharga Rp38 ribu/kg.

Kemudian, gula pasir seharga Rp12.500/kg, bawang merah seharga Rp36 ribu/kg, minyak goreng 1 liter seharga Rp13 ribu/kg, telur ayam ras seharga Rp52 ribu/piring dan bawang putih seharga Rp30 ribu/kg.

Selain melayani pembelian secara online untuk wilayah Tanjung Selor dan sekitarnya, Pasar Mitra Tani juga tetap melayani pembeli yang langsung datang ke lokasi. Namun dengan tetap menaati protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, Diana Risawati mengatakan, Pasar Mitra Tani memiliki peran menjual berbagai kebutuhan pangan berkualitas dengan harga terjangkau.

“Artinya, Pasar Mitra Tani menjembatani petani atau distributor dengan konsumen langsung. Kita tidak ada mengambil keuntungan. Jadi masyarakat bisa mendapat harga murah,” kata Diana, Senin (19/7/2021)

Program Gelar Pangan Murah sendiri sudah diadakan dari tahun-tahun sebelumnya. Pasar Mitra Tani juga menerapkan sistem jemput bola, yaitu dengan mendatangi langsung permukiman masyarakat.

“Tahun-tahun sebelumnya, kita mengadakan sampai ke desa-desa. Seperti di Apung, Wonomulyo, Tanah Kuning dan Mangkupadi. Termasuk juga sampai daerah KTT (Kabupaten Tana Tidung) dan Malinau,” ujarnya.

Di tengah pandemi dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kabupaten Bulungan, skema Bazar Online dipilih agar tetap bisa memenuhi permintaan.

Masyarakat dapat memesan langsung melalui aplikasi Whatsapp. Kemudian barang diantar dengan tambahan ongkos kirim Rp5 ribu di wilayah Tanjung Selor.

“Dengan adanya PPKM mikro ini, kita sangat terbatas. Memang keinginan masyarakat sangat besar, tapi kita perhatikan juga andil pemerintah untuk mengurangi kerumunan dan sebagainya. Jadi salah satunya kita adakan Gelar Pangan Murah secara online dalam satu minggu jelang Iduladha,” paparnya.

Diana berharap pandemi Covid-19 dapat cepat berlalu. Sehingga, Pasar Mitra Tani bisa kembali normal beraktivitas dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Salah satunya menjual bahan pangan berkualitas dengan harga murah.

Petugas Administrasi Pasar Mitra Tani Kaltara, Sherly Marisa mengatakan, barang pangan yang banyak dipesan adalah Beras Kaltara ukuran 5 kilogram, beras lokal ukuran 10 kg, daging sapi, gula pasir dan minyak goreng.

“Banyak banget orang yang pesan itu setiap hari,” ujar Sherly.

Omzet yang didapat Pasar Mitra Tani selama Bazar online sebesar Rp18,6 juta selama enam hari. (*/adv)

BACA JUGA: Jaga Stabilitas Harga, Pasar Mitra Tani Gencar Gelar Pangan Murah

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Didik