Tarakan

Pasar Kampung Empat Tiga Tahun Terbengkalai

Bangunan Pasar Kampung Empat belum dioperasionalkan. (Foto: Sofyan)

TARAKAN, Koran Kaltara – Bangunan pasar di Kampung Empat sudah tiga tahun tak berfungsi. Anggaran bersumber dari APBN ini telah menelan miliaran rupiah tampak terbengkalai.

Alasannya, akses jalan dan fasilitas penunjang belum terpenuhi sehingga dinas terkait belum bisa mengoperasikannya.

“Kendalanya jalan yang becek dan berlumpur, jalannya mau dibuat aspal dulu setelah akses ke dalam sudah baik. Kami akan memasang listrik dan instalasi air bersih, setelah itu baru kami operasionalkan. Kita sudah komunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), mereka saat ini sedang mengerjakan peningkatan jalan ke pasar,” terang Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Tarakan, Untung Prayitno, Jumat (16/10/2020).

Opsi selain diaspal, setidaknya jalan dibuat agregat sehingga bisa dilalui masyarakat yang akan melakukan aktivitas jual beli di pasar tersebut.

Hal ini sesuai target Pemkot Tarakan, 2020 ini sudah harus bisa dimanfaatkan.

“Ada sekitar 90 pedagang yang akan menempati pasar ini, mereka sudah terdaftar dan tinggal mengisi lapak maupun kios yang ada. Mereka yang akan mengisi pasar adalah warga Kampung Empat, Kampung Enam, dan Mamburungan. Kalau pasang listrik sebentar saja karena sudah ada jalurnya, begitu juga dengan air bersih,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Untung, jika tidak segera dioperasikan, bangunan akan rusak sehingga merugikan semua pihak.

Pasar ini selesai dibangun pada 2017, jadi sudah tiga tahun tetapi belum difungsikan. Jika lama dibiarkan nanti bisa cepat rusak, karena tanah di sana masih labil.

“Pak Wali Kota juga sudah menginstruksikan ke DPUTR untuk melakukan agregat dan pengaspalan jalan dan saat ini sedang berproses. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa diresmikan dan digunakan warga sehingga akan terjadi perputaran ekonomi di sana,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah