Malinau

Partisipasi Sensus Penduduk Online Cukup Tinggi

Ilustrasi sensus penduduk online. (Foto: internet)

MALINAU, Koran Kaltara – Badan Pusat Statistik (BPS) Malinau mencatat tingkat partisipasi masyarakat Malinau mengisi data Sensus Penduduk (SP) secara online 2020 cukup tinggi.

Per tanggal 29 Mei 2020, sebanyak 2.938 kepala rumah tangga telah mengisi dan melebih dari target sebesar 1.989 kepala rumah tangga.

“Jadi dari sisi prosentase capaian sensus penduduk online 2020 ini 146 persen dari target sebelumnya. Ini hasil kerja keras dari seluruh staf dalam menyosialisasikan sensus penduduk online 2020 ini,” ujar Kepala BPS Malinau Supriyanto, Senin (1/6/2020).

Dia melihat animo masyarakat Malinau terhadap pengisian data sensus penduduk di empat kecamatan yang terakses dengan jaringan internet cukup tinggi. “Kecamatan Malinau Barat, Malinau Utara, Malinau Kota dan Mentarang. Karena jangkauan internetnya cukup bagus dibandingkan 11 kecamatan lainnya,” jelasnya.

Menurut dia sensus penduduk online 2020 telah ditutup dan nanti akan diumumkan secara nasional.

Meski telah ditutup, kata Supriyanto, bagi masyarakat yang belum mengisi data sensus penduduk, nanti akan ada tahapan selanjutnya di bulan September secara manual.

“Karena sensus penduduk ini ada tujuh tahapan. Dimulai dari online, lalu penyusunan daftar penduduk dan ditambah data di Disdukcapil. Selanjutnya dari sensus penduduk online bersama Disdukcapil akan disusun secara tahapan,” jelasnya.

Setelah itu, kata Supriyanto, petugas sensus akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi untuk mengetahui masyarakat yang belum melaksanakan sensus penduduk online.

“Jadi akan ada verifikasi lagi yang melibatkan petugas sensus dan RT, yaitu di September nanti akan mengisi kuesioner yang diberikan petugas,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah