Headline

Partai Besar Belum Punya ‘Pasangan Pasti’

ilustrasi hanura
  • Hanura Ingin Usung Kader, tapi Tetap Melihat Survei

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Utara (Kaltara) kembali digelar tahun ini, bersama dengan delapan provinsi lainnya. Dinamika politik sejauh ini, memunculkan beberapa nama yang bakal bertarung, salah satunya Abdul Hafid Achmad dengan Makinun Amin melalui jalur perseorangan. Pada jalur partai politik, nama petahana Irianto Lambrie disebutkan berpasangan dengan Irwan Sabri yang mengklaim sudah punya partai pengusung sebagai syarat pendaftaran.

Meski demikian, sejumlah partai besar khususnya yang menduduki kursi pimpinan di DPRD Kaltara tampak belum mengeluarkan mandat dukungan. Beberapa kader dari partai-partai tersebut masih sebatas diisukan akan menjadi kendaraan politik untuk memimpin Kaltara. Misalnya, PDIP (5 kursi) yang digadang-gadang mengusung Norhayati Andris, Gerindra (5 kursi) akan mengusung La Tinro La Tunrung, Hanura (5 kursi)  mengusung Udin Hianggio.

Kader PDIP yang menduduk kursi Ketua DPRD Kaltara saat dikonfirmasi Koran Kaltara, enggan memberikan pandangan politik. “Tunggu rekom,” singkat Norhayati saat ditanya soal namanya yang disandingkan dengan La Tinro La Tunrung atau Zainal Arifin Paliwang.

Nama politisi perempuan ini, memang ramai dipasangkan dengan La Tinro La Tunrung dengan koalisi PDIP – Gerindra. Termasuk dengan mantan Wakapolda Kaltara, Zainal Arifin Paliwang. Adapun untuk Hanura, santer terdengar nama Udin Hianggio, meski disebut masih menunggu keputusan DPP.

“Tergantung keputusan partai. Kalau kita diberi amanah, Insya Allah sudah siap,” kata Udin Hianggio, beberapa waktu lalu.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Ketua DPD Hanura Kaltara, Ingkong Ala menegaskan, sejauh ini mekanisme partai masih berproses. Menurutnya, Hanura setidaknya akan mengeluarkan keputusan, jika calon kandidat sudah memilki paketan yang pasti.

“DPP (Hanura), kalau sudah deal semua, pasangan, baru bisa keluar (mandat). Tidak harus menunggu koalisi. Asal yakin sudah bisa mencari koalisi, pasti diterbitkan SK-nya, yang penting lengkap pasangan,” ujar Ingkong Ala, Senin (29/6/2020).

Wakil Bupati Bulungan itu menerangkan, sejauh ini belum ada pasangan yang pasti untuk diusung oleh Hanura. Meski mencuat nama Udin Hianggio dipasangkan dengan Bupati Malinau Yansen TP dengan koalisi Demokrat, menurutnya belum menjadi keputusan final.

“Sejauh ini, kita belum tahu (arah dukungan). Tetap masih mencari pasangan, cocok-cocokkan. Harapan kita, kader (yang diusung), tapi itu juga kembali ke survei. Memang itu ada juga isu (koalisi) dengan Demokrat,” bebernya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah