Tarakan

Panitia Diimbau Tidak Undang Khotib Shalat Iduladha dari Luar Tarakan

Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Hari Raya Iduladha 1441 Hijriyah, proses penyelenggaraan shalat Iduladha dapat dilaksanakan di masjid atau lapangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Devi Ika Indriarti mengimbau agar panitia hari besar Islam dalam penyelenggaraan shalat Iduladha menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan.

“Selain itu melakukan pembersihan dan disinfeksi di area tempat pelaksanaan sebelum dan setelah kegiatan peribadatan, memasang imbauan penerapan protokol kesehatan di area rumah ibadah pada tempat-tempat yang mudah terlihat,” terangnya, Kamis (30/7/2020).

Selain menyiapkan petugas dan memasang papan imbauan, diharapkan pengurus tidak menggunakan penceramah atau pengkhotbah yang berasal dari luar wilayah administrasi Kota Tarakan.

“Penceramah atau pengkhotbah wajib menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk rumah ibadah, termasuk seluruh jamaah,” imbuhnya.

Para jemaah dipastikan dalam keadaan sehat, menggunakan masker, jaga jarak 1 sampai 2 meter, hindari bersalaman, berpelukan, cuci tangan pakai sabun sebelum masuk masjid atau membawa hand sanitizer, membawa perlengkapan shalat sendiri, dan untuk anak-anak, usia lanjut, orang dengan penyakit penyerta tidak mengikuti sholat Iduladha.

“Anak-anak (balita) dan orang tua (lansia) yang memiliki penyakit, misalnya tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit lainnya, tidak disarankan ikut melakukan shalat Iduladha di masjid atau di lapangan,” ujarnya.

Sementara terkait dengan open house Iduladha juga tidak boleh dilakukan, hanya disarankan silaturahmi antar kerabat, masih sama seperti lebaran Idulfitri.

“Tidak ada open house, Bapak Wali Kota Tarakan dan pejabat perangkat daerah tidak melakukan open house di hari raya Iduladha 1441 Hijriyah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah