Politik

Pandemi, Persiapan Pemilu 2024 Tetap Jalan

Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami saat menyampaikan sambutan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami mengatakan, pihaknya tengah mematangkan persiapan menjelang Pemilu dan pemilihan kepala daerah serentak 2024 mendatang.

Meski di tengah pandemi Covid-19, sesuai arahan KPU RI, penyelenggara di daerah perlu menyampaikan kerangka pemilihan.

Dia berharap, tahapan demokrasi di provinsi paling bungsu ini bisa berjalan baik.

“Kami sudah harus melakukan persiapan, sesuai dengan tahapan pada Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang. Semoga kita bisa terus bersinergi untuk mewujudkan demokrasi yang berdaulat dan berintegritas di Kaltara ini,” katanya dalam sosialisasi secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Melalui sosialisasi itu, Komisioner KPU Kaltara Divisi Teknis Penyelenggaraan Teguh Dwi Subagyo menjelaskan, kerangka pemilihan.

Mulai dari usulan pelaksanaan pemungutan suara berdasarkan pembahasan rapat dengar pendapat antara KPU, Bawaslu DKPP, DPR RI dan Pemerintah.

“Simulasi hari pemungutan suara pada tahun 2024. Pertama pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD diusulkan dilaksanakan pada 21 Februari 2024. Kemudian pemilihan serentak gubernur, bupati dan walikota diusulkan dilaksanakan pada 27 November 2024,” ungkapnya.

Namun, terdapat beberapa pertimbangan terkait pelaksanaan pemungutan suara. Yaitu, partai memerlukan waktu yang cukup untuk menyiapkan syarat pencalonan pada pemilihan bulan November.

Kemudian, proses administrasi anggaran apabila dilaksanakan di awal tahun biasanya terdapat kendala.

Selain itu, kondisi cuaca di awal tahun (Januari) biasanya berlangsung musim hujan. Pihak penyelenggara juga memperhatikan hari-hari libur keagamaan dan nasional.

“Untuk itu simulasi tanggal pemungutan suara ini, masih bersifat rancangan, belum ditetapkan,” tegasnya.

Tahapan pemilihan sudah mulai sejak tahun 2022 mendatang. Ada beberapa irisan tahapan antara pemilu dengan pemilihan serentak.

Penyelenggara juga sudah menyiapkan Peraturan KPU (PKPU) untuk pesta demokrasi mendatang. (*)

 

TOPIK TERKAIT:

Demokrat Kaltara Laporkan Cuitan Wamendes PDTT ke Polda Kaltara

RPJMD Diharap Akomodir Persoalan yang Belum Tuntas

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Hariadi