Headline

Operasi Zebra Dimulai Hari Ini

RAZIA: Kepolisian menggelar razia di jalan utama di Tanjung Selor, beberapa waktu lalu. (Foto : Ramlan)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Operasi Zebra tahun 2021 bakal dimulai hari ini, Senin (15/11/2021) oleh jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara). Operasi akan digelar selama 14 hari hingga 28 November. Puluhan personel diturunkan dalam mengawasi alur lalulintas dan penanganan Covid-19.

“Besok (hari ini) sudah dimulai (operasi Zebra) dan sekaligus akan gelar pasukan. Termasuk juga di seluruh Polres (di wilayah hukum Polda Kaltara) akan menggelar apel di wilayah masing-masing,” kata Kapolda Kaltara Irjen Bambang Kristiyono melalui Kabid Humas Kombes Budi Rachmat.

Meskipun dalam operasi akan dilakukan razia, namun kepolisian tetap akan mengedepankan upaya persuasif. Termasuk juga pelanggar protokol kesehatan (prokes), akan diberi imbauan serta edukasi dalam situasi pandemi saat ini.

“Kalaupun ada razia, pasti kita sekaligus menyampaikan imbauan dan edukasi. Selain soal disiplin berlalulintas, situasi pandemi (Covid-19) juga akan kita sampaikan. Terutama agar tetap menaati prokes,” jelas Budi.

Namun, kata dia, apabila pelanggaran menimbulkan korban, maka pihaknya mengambil tindakan tegas terukur. Terutama untuk kendaraan, apabila pelanggarannya cukup berat maka akan langsung ditilang.

“Untuk sasarannya nanti, kita tetap berpatokan pada instruksi dari Mabes Polri (Korlantas Polri). Tapi, jika memang pelanggarannya bisa menyebabkan kecelakaan, kita tetap tilang,” tegasnya.

Bagi yang terkena razia, wajib langsung berhenti untuk diperiksa kelengkapan atau identitasnya oleh petugas. “Nanti operasinya secara stationer (tak terpusat). Ada pengendara yang melanggar, langsung kita tilang,” ujar Budi.

Sementara untuk pelanggar prokes, imbauan serta teguran tegas juga bakal diterapkan oleh pihak yang tergabung dalam operasi. Terlebih, sasaran dari Korlantas Polri dalam operasi ini adalah segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menyebabkan klaster baru Covid-19 serta masyarakat yang tidak patuh prokes.

“Termasuk juga nanti kita mengeluarkan imbauan dan bagi-bagi masker. Karena kan sekarang ini masih pandemi (Covid-19). Jadi, soal prokes juga jadi perhatian,” tuntasnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment