Kaltara

Operasi Pengamanan Ambalat, 5 KRI Dikerahkan di Perbatasan

Komandan Guspurla Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo saat diwawancarai di Nunukan, Senin (22/2/2021). (foto: Asrin)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Dukungan alat utama sistem senjata (Alutsa) sangat penting dalam pertahanan kekuatan maritim. Karena itu, Guspurla Koarmada II melakukan operasi pengamanan perbatasan Ambalat.

Komandan Guspurla Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo yang tiba di Lanal Nunukan, Senin (22/2/2021) mengaku berada di Lanal Nunukan karena sedang melaksanakan operasi pengamanan perbatasan ambalat.

Ada lima kapal perang KRI yang mendukung operasi pengamanan perbatasan Ambalat ini. Salah satunya PKR 05 terbaru milik TNI AL di KRI Gusti Ngurah Rai.

“Selain itu, KRI ini juga dilengkapi Heli AS 565 MBe Panther HS-4211 anti kapal selam yang melaksanakan pengamanan kapal selam dan menjadi perpanjangan mata dan telinga kesenjataan KRI,” kata dia.

Menurut dia, operasi perbatasan Ambalat ini diperkuat satuan Marinir yang tersebar di sepanjang perbatasan Sebatik dan pangkalan.

“Di pangkalan juga sangat penting untuk melaksanakan dukungan logistik dan bantuan terhadap satuan-satuan yang melaksanakan gelar operasi,” ujarnya.

Dia menyampaikan, bahwa kondisi perairan Ambalat masih aman dan kondusif. Selain itu, pihaknya melakukan patroli udara di sepanjang perbatasan. “Saya melaksanakan pengamanan di sepanjang perbatasan, tidak ada yang menonjol, situasi terkendali,” pungkasnya.

Dia menegaskan bahwa pelaksanaan operasi Ambalat digelar setiap tahun. “Ini rutin. Kita selalu hadir. Unsur-unsur di laut selalu hadir di sana. Ini merupakan tugas rutin mengamankan perbatasan,” bebernya.

Sementara itu, Komandan Pesawat Udara HS – 4211 (Dan Pesut) Kapten Laut (P) Al Amin mengatakan bahwa heli buatan Francis itu mulai bergabung di TNI AL sejak tahun 2017 lalu. “HS – 4211 ini merupakan nomor lambung helinya,” ungkapnya.

Dia menyampaikan basis kemampuan heli ini, untuk mencari dan menghancurkan kapal selam. “Keistimewaan heli ini bisa di segala cuaca. Kemudian, heli ini termasuk heli ringan dan memiliki kecepatan tinggi hingga 175 knot,” bebernya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah