Politik

Nurdin Hasni Sosialisasi Perda Perlindungan Anak di Bulungan

Nurdin Hasni

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Utara (Kaltara) dari daerah pemilihan (dapil) II Kabupaten Bulungan – Kabupaten Tana Tidung, Nurdin Hasni, melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) di Desa Gunung Sari, Kilometer 12, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Perda yang disampaikan adalah Perda Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak. Nurdin menghadirkan pihak berkompeten sebagai narasumber yang memaparkan materi ini kepada masyarakat.

Secara umum, hadirnya perda ini sebagai bentuk nyata dukungan pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak dari berbagai tindak kekerasan.

Pemerintah ingin menunjukkan kehadiran dan keberpihakan di masyarakat mengenai hal tersebut.

“Sesuai judulnya, kita ingin masyarakat memahami jika pemerintah hadir dalam memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak dari segala macam kekerasan. Pemerintah sangat konsen untuk itu,” kata Nurdin, Senin (27/6/2022).

Perda ini telah memotret secara detail apa yang menjadi hak bagi perempuan dan anak.

Dimana di dalamnya pun tidak hanya mengenai keamanan dari tindak kekerasan. Melainkan juga perihal hak lainnya yang harus diterima.

Hak yang dimaksud antara lain perlindungan dari eksploitasi ekonomi dan seksual, perlindungan dari tindakan diskriminasi, akses pendidikan dan pengajaran di semua bidang disiplin ilmu dan lainnya.

“Anak-anak juga sama. Mereka berhak hidup, tumbuh dan berkembang dengan baik, sesuai indikator-indikator mengenai hak asasi manusia,” paparnya.

Pemahaman masyarakat yang baik akan menjadi benteng kokoh perlindungan perempuan dan anak.

Karena mereka sudah memahami apa yang menjadi hak dan lembaga yang menjadi rujukan ketika mengalami atau menyaksikan tindak kekerasan.

“Kita ingin masyarakat kita sadar akan hak nya dan berani memperjuangkannya. Saya juga minta instansi terkait bisa maksimal mengawal itu semua,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Edy Nugroho

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment