Nunukan

Nunukan Satu-satunya Daerah di Kaltara Berstatus Level 2

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Nunukan, Hasan Basri. (DOK. Koran Kaltara)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menetapkan Kabupaten Nunukan dalam status PPKM level 2.

Sementara daerah lain di Kaltara, yakni  Kabupaten Malinau dan Tana Tidung level 3, Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan masih tetap level 4.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Penetapan level, berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Kemudian, ditambahkan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 minimal 50 persen dan vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun minimal 40 persen dari target vaksinasi.

“Penurunan kasus Covid-19 di Nunukan sudah cukup banyak. Sekarang ini kita memasuki level 2 apalagi sasaran vaksinasi sementara ini kita terus genjot, supaya semakin banyak dan semakin bisa membentuk herd immunity di masyarakat,” jelas Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Hasan Basri, Selasa (5/10/2021).

Hasan mengatakan, meskipun Nunukan sudah turun level dari 3 menjadi 2, hal demikian harus menjadi dorongan untuk tetap mempertahankan kondisi ini, bahkan turun ke level 1.

“Saya kira, dengan pandemi ini sudah satu tahunan lebih, bahkan hampir dua tahunan. Kita sudah sangat faham sistem penyebarannya seperti apa, untuk menangkalnya seperti apa sudah di ketahui. Jadi saya kira tidak ada masalah, masyarakat sudah semakin cerdas, sudah mematuhi protokol kesehatan seperti yang ditetapkan,” ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk vaksin, karena vaksin juga sudah terbukti dan ampuh untuk membentuk herd immunity.

“Itu karena kita taat aturan dan taat aturan itu sampai ke tingkat terendah di RT. Ada namanya PPKM mikro, itu kita aktifkan. Sekarang ini, sasarannya vaksin per RT. Supaya pembentukan herd immunity ini sampai ke tingkat paling rendah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

TOPIK TERKAIT:

PPKM Level 3, Surat Edaran Bupati Nunukan Atur PTM

About the author

Koran Kaltara

1 Comment

Click here to post a comment