Kaltim

New Normal, Dispar Kukar Bersiap Buka Obyek Wisata

SIAP DIBUKA : Padatnya kunjungan Pulau Kumala di libur lebaran tahun lalu. (Foto: Heri/KK)

TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini tengah menyiapkan rencana kembali mengoperasikan obyek wisata yang dikelola oleh Pemkab Kukar.

Kepala Dispar Kukar, Thauhid Afrilian Noor mengatakan, dalam hal menyikapi new normal pandemi Covid-19 ini, pihaknya saat ini sedang persiapan untuk kembali membuka akses obyek wisata.

“Kita saat ini tengah persiapan, namun memang belum ada intruksi langsung harus dibuka atau seperti apa, hanya saja memang kita di daerah ini diminta untuk berimprovisasi menyikapi kondisi new normal ini yang disikapi untuk mengembalikan pemulihan sektor ekonomi,” kata Thauhid kepada Koran Kaltim kemarin.

Thauhid mengungkapkan, meskipun saat ini sedang persiapan dan posisi sedang menunggu arahan kebijakan dari pusat dan pemerintah kabupaten, pihaknya sudah menyusun rencana hal-hal teknis jika memang obyek wisata yang dikelola pemerintah resmi dibuka kembali.

“Posisinya kita menunggu dan sambil menyiapkan terkait aturan-aturan teknis semisal pengunjung wajib memakai masker, menyediakan fasilitas sesuai protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan dan mengecek suhu tubuh pengunjung,” ungkap Toi sapaan akrabnya.

Dispar sepakat dengan upaya pemerintah untuk mengembalikan pemulihan perekonomian, namun tentunya hal ini juga dibarengi dengan kesiapan-kesiapan hal teknis di lapangan terkhusus dalam pengelolaan obyek pariwisata. “Kami telah melihat beberapa referensi seperti yang telah dilakukan di pulau Jawa dengan membuka obyek wisata, dan ternyata pengunjungnya membludak dan membuat pengelola kewalahan. Nah hal-hal teknis seperti ini yang sedang kita rencanakan agar tidak terjadi,” terangnya. (*)

Reporter: Heri/Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah