Bulungan

Mutasi Pejabat, Tunggu Keputusan Bupati

Bupati Bulungan, Syarwani menyebut mutasi jabatan akan dilakukan dalam waktu dekat. (Foto : Nurjannah)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sesuai ketentuan, kepala daerah bisa melakukan mutasi jabatan di jajarannya 6 bulan setelah dilantik. Di lingkup Pemkab Bulungan, meski uji komptensi sudah dilaksanakan, hingga kini mutasi belum digelar.

Sementara hasil uji kompetensi yang diikuti oleh sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama, sudah dikantongi Bupati Bulungan Syarwani.

Saat ini, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulungan, masih menunggu keputusan bupati lebih lanjut.

Kepala BKPSDM Bulungan Indriyati mengatakan, hasil uji kompetensi masih di bupati. Hasil tersebut akan menjadi pertimbangan bagi kepala daerah untuk menempatkan pejabat sesuai dengan kompetensinya.

“Kita harus menunggu itu dulu (keputusan bupati). Sehingga nanti dapat dilihat jabatan mana yang kosong, nantinya kalau ada yang kosong itu yang akan masuk untuk lelang jabatan,” ujarnya kepada Koran Kaltara. Indriyati berharap mutasi bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Tapi ini mungkin karena kesibukan Pak Bupati, jadi belum ada keputusannya, jadinya tertunda. Kami sebenarnya mau di bulan 10 (Oktober) atau bulan 11 (November) akhir, sudah mulai membuat pengumuman untuk agenda lelang jabatan,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya hanya bisa menunggu setelah adanya mutasi jabatan. Sehingga bisa diketahui jabatan mana yang kosong untuk selanjutnya dilakukan lelang atau seleksi terbuka. Selesai pelaksanaan mutasi, baru kemudian pihaknya bisa membentuk Panitia Seleksi (Pansel) untuk lelang jabatan.

“Ya kita berharap tahun ini, pastinya kejar-kejaran lah, jalurnya itu dari Pansel ke PPK (Pejabat pembina Kepegawaian), dari PPK ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), itu yang belum. Pak bupati sudah saya tanya, tapi katanya Insya Allah segera diselesaikan. Kita menunggu dulu, nanti dokumen yang sudah langsung kirim ke KASN,” ungkapnya.

Selanjutnya, jika dokumen usulan sudah disampaikan ke KASN, maka akan ada surat rekomendasi dari KASN untuk pelantikan khususnya yang dilakukan mutasi. Jumlah jabatan yang dilelang dipastikan tidak berubah, ada belasan jabatan pimpinan tinggi pratama yang kosong.

“Cuma mungkin yang kosong saat ini bisa jadi ada terisi karena mutasi. Nah yang kosong itu nanti yang dilelang,” katanya.

Disinggung apakah posisi struktur kepala dinas yang ada di Pemkab Bulungan bakal berubah, ia tak menampik hal itu bisa saja terjadi. “Ya bisa saja dan itu pastinya ada,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Bulungan Syarwani memastikan, hasil uji kompetensi sudah ia kantongi. Dimungkinkan dalam waktu dekat mutasi akan digelar.

Seperti diketahui,  uji kompetensi dilakukan untuk meningkatkan, sekaligus menguji kemampuan sejumlah pejabat eselon II yang saat ini menjabat sebagai kepala dinas.

“Kita juga menunggu persetujuan KASN, jika sudah mendapat persetujuan, mutasi akan segera digelar. Jabatan sendiri akan kita disesuaikan. Sangat mungkin dilakukan dalam waktu dekat. Ya mudah-mudahan di awal Oktober nanti Insya Allah akan bisa kita laksanakan,” bebernya.

Syarwani menambahkan, untuk penyegaran struktur jabatan di OPD yang ada di lingkungan Pemkab Bulungan, dimungkinkan adanya perubahan pengisian jabatan pada struktur jabatan yang ada saat ini.

Dalam uji kompetensi, dapat dilihat kesesuaian kemampuan dengan jabatan yang diemban. Diharapkan dengan begitu ke depan bisa memaksimalkan peran di jabatan masing-masing.

“Walaupun sementara ini saya memahami belum sempurna, tetapi kita berharap nantinya bisa the right man in the right place (menempatkan orang sesuai keahliannya),” tutup bupati. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

 

TOPIK TERKAIT: 

Siapkan Pejabat Profesional, Pemkab Gelar Uji Kompetensi

Bakal Ada Mutasi, Pemkab Gelar Uji Kompetensi JPT

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment