Tarakan

Musim Hujan, Harga Sayur Mayur di Pasar Gusher Mulai Naik

Rifki, pedagang sayur di Pasar Gusher Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Harga kebutuhan pokok di Kota Tarakan mulai merangkak naik. Salah satunya sayur mayur, dimana kenaikan dipengaruhi oleh petani lokal yang mengalami gagal panen karena memasuki musim penghujan.

Salah satu pedagang pedagang sayuran di pasar tradisional Gusher, Rifki mengatakan, hampir semua harga sayuran mulai naik, seperti sayur sawi biasanya Rp8 ribu per ikat menjadi Rp12 ribu per ikat, bayam yang biasanya Rp5 ribu saat ini sudah mencapai Rp10 ribu – Rp12 ribu.

“Kenaikan biasanya stok sayuran kurang, apalagi ini banyak petani gagal panen karena musim hujan,” terangnya, Sabtu (16/1/2021).

Untuk sayuran buncis juga mengalami kenaikan, normal Rp20 ribu per kg saat ini mencapai Rp25 ribu per kg, kangkung dari biasanya Rp5 ribu menjadi Rp8 ribu. “Hampir semua sayuran naik, sekarang agak kurang-kurang pembeli selama pandemi ini,” katanya.

Sementara itu, untuk harga cabai rawit mengalami penurunan, dari sebelumnya Rp90 ribu – Rp100 ribu turun menjadi Rp80 ribu untuk cabai lokal dan Rp75 ribu untuk cabai dari luar daerah. Sementara untuk cabai hijau besar Rp25 ribu per kg.

Hal yang sama juga diungkapkan pedagang lainya, Tiara. Dia mengatakan, kenaikan sayur mayur sudah terjadi sejak Natal. Kenaikan memang sering terjadi di awal tahun karena musim hujan.

“Rata-rata sayuran naik semuanya, bayam, kangkung, sawi naik, tapi kita kurangi sedikit ukurannya sehingga harganya masih sama. Semua sayur dari lokal (Tarakan), kalau cabai ada dari luar,” tuturnya.

Selain sayur mayur, untuk harga kebutuhan pokok seperti telur cukup stabil meski sempat mengalami kenaikan harga di hari raya Natal dan Tahun Baru 2021. Kondisi ini normal seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ahmad Yani, pedagang telur mengatakan, untuk ukuran besar Rp60 ribu per piring dan yang paling kecil Rp53 per piring. “Telur rata-rata dari luar daerah (Sulawesi) melalui kapal Pelni, untuk distribusi masih lancar sepanjang ada kapal Pelni,” tuturnya.

Harga telur, katanya, biasanya dipengaruhi langsung dari daerah asal. Jika di daerah ada kenaikan, dipastikan harga di Tarakan juga mengalami kenaikan. (*)

Rerporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah