Kaltara

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 20 Juli

Logo Muhammadiyah

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah di tanggal 20 Juli 2021. Demikian dikonfirmasi Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bulungan, H. Mardiman.

Berdasarkan putusan yang ia terima dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, kata dia, penetapan berdasarkan Ijtimak jelang Zulhijjah 1442 Hijriyah pada tanggal 10 Juli 2021 pukul 08.19.35 Wib. Selain itu, PP Muhammadiyah telah mendapati tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta menunjukkan hilal sudah wujud. Kemudian di seluruh Indonesia pada saat matahari terbenam saat itu, bulan sudah berada di atas ufuk.

“Sebenarnya kami dari Muhammadiyah telah menentukan Hari Raya Idul Adha sejak 13 Mei 2021. Itu bersamaan saat menentukan Hari Raya Idul Fitri,” jelas Mardiman saat diwawancara Koran Kaltara, Jumat (18/6/2021).

PDM Bulungan akan menggelar salat id berjamaah. Namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pelaksanaan disesuaikan dengan kondisi di lokasi. “Kalau misalkan tidak hujan, kita akan laksanakan di lapangan. Kalau misalkan hujan ya di dalam area masjid. Kita menyesuaikan saja. Paling penting protokol kesehatan. Jamaah pakai masker, ada jaga jarak Dan kita ikuti ketentuan selanjutnya dari instansi terkait,” paparnya.

Mardiman berharap umat muslim yang mampu bisa melaksanakan kurban. Selain memenuhi tuntunan agama, kurban di saat pandemi juga semakin meringankan beban saudara-saudara muslim yang masih kekurangan. “Tidak hanya warga Muhammadiyah saja. Bagi umat muslim yang mampu, ayo kita berkurban,” pungkasnya.(*)

Reporter: Agung Riyanto

Editor: Eddy Nugroho