Hukum Kriminal

Mertua dan Menantu Kompak Bisnis Sabu

Pelaku kasus narkoba Agus (kiri) dan Rudi (kanan) saat ditangkap polisi. (foto: Asrin)

NUNUKAN, Koran Kaltara –  Mertua dan menantu di Nunukan kompak menjalani bisnis narkoba jenis sabu-sabu. Alhasil, mereka diringkus  Satreskoba Polres Nunukan, pada Jumat (12/2/2021) lalu.

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar melalui Kasubbag Humas Polres Nunukan, AKP M Karyadi mengatakan, kedua tersangka ini adalah Agus (26) warga asal Sulawesi Selatan dan mertuanya bernama Rudi (36) warga Batu 4, Apas Tawau, Sabah, Malaysia.

Karyadi menjelaskan, penangkapan ini bermula saat personel Satreskoba Polres Nunukan, menerima informasi, sekira pukul 14.00 Wita, Jumat (12/2/2021) lalu,  bahwa ada seorang laki-laki diduga membawa narkoba jenis sabu-sabu di pinggir Jalan Ahmad Yani, Desa Sei Pancang, Sebatik Tengah.

“Informasi ini langsung kita tindaklanjuti dengan mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP),” terangnya kepada Koran Kaltara, Kamis (18/2/2021) siang.

Menurut dia, setelah dilakukan pemantauan, ternyata benar ada seorang pria dengan ciri-ciri sesuai informasi tersebut. Pria itu adalah Rudi.  Aparat kepolisian langsung melakukan penangkapan dan pengeledahan badan. Namun tidak ditemukan barang bukti yang dicurigai.
“Kita langsung interogasi. Ternyata yang membawa sabu-sabu itu adalah menantunya, Agus,” ujarnya.

Di hari yang sama, kata dia, polisi mencari Agus dan diperoleh informasi, kalau Agus sedang berada di salah satu penginapan di Nunukan Timur.

“Nah, kita langsung bergegas dan mengamankan Agus. Setelah kita geledah dalam kamar, kita temukan satu bungkusan plastik warna transparan ukuran sedang yang diduga berisi sabu dan disimpan di atas ventilasi udara,” bebernya.

Dia menyampaikan barang bukti yang diamankan, yakni sabu-sabu seberat kurang lebih  45,57 gram, 2 unit handphone dan barang bukti lainnya.

“Polisi menjerat keduanya dengan pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) subsider UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” jelas dia. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah