Headline

Menunggu Pelantikan Bupati Bulungan dan KTT

Pelantikan Ingkong Ala sebagai Bupati Bulungan belum lama ini. Selanjutnya dia akan dilantik sebagai wakil bupati terpilih mendampingi Syarwani sebagai bupati.  (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Biro Pemerintahan Kaltara: Mudah-mudahan Rabu Sudah ada Jawaban

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Masa jabatan kepala daerah di Kabupaten Bulungan dan Tana Tidung (KTT), Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) periode 2016 – 2021 telah berakhir 17 Februari lalu. Berdasarkan arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang disampaikan dalam kesimpulan pertemuan virtual bersama 270 pemerintah daerah pasca Pilkada, dilakukan penundaan pelantikan terhadap beberapa daerah hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020. Termasuk Bulungan dan KTT.

Adapun opsi waktu pelantikan yang disampaikan pusat, antara tanggal 25 atau 26 Februari mendatang. Pelaksanaannya dimbau secara virtual, untuk menghindari kerumunan di tengah Pandemi Covid-19. Sementara saat ini, di masa transisi tiap daerah itu dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) yang dijabat oleh sekretaris daerah (Sekda).

Hingga Senin (22/2/2021), Pemprov Kaltara masih menunggu instruksi Kemendagri soal kepastian waktu pelantikan Bupati Bulungan dan KTT. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Biro Pemerintahan, Taufik Hidayat. “Masih belum ada (instruksi) dari Kemendagri. Kita masih menunggu,” ujarnya, kemarin.

Meski demikian, pihak pemprov tetap mempersiapkan pelaksanaan pelantikan dua kabupaten di Kaltara itu. Informasi yang dihimpun, Setprov Kaltara sudah melakukan pembahasan untuk menyiapkan agenda resmi mulainya para kepala daerah itu menjabat.  “Mudah-mudahan hari Rabu (24/2) kami sudah ada jawaban (waktu pelantikan),” harapnya.

Sebagai informasi, selain Pilgub Kaltara, ada empat daerah yang mengikuti Pilkada 2020 lalu di Kaltara. Di antaranya Bulungan dan KTT yang masa jabatan kepala daerahnya sudah berakhir. Sedangkan dua daerah lainnya, adalah Nunukan dan Malinau. Dua kabupaten tersebut beberapa hari lalu telah diputuskan gugatannya di Mahkamah Konstitusi tidak berlanjut. Namun masa jabatan kepala daerahnya belum berakhir. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah