Hukum Kriminal

Mencuri di Bulungan Kabur Hingga ke Kukar

  • Bebas Asimilasi di Lapas Nunukan, BB Dijual di Berau

TANJUNG SELOR,Koran Kaltara – Tindakan kriminal yang dilakukan oleh FE cukup membuat aparat kepolisian sedikit kerepotan. Bagaimana tidak, pria 25 tahun itu mencuri di wilayah Bulungan, lalu melarikan diri hingga ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kaltim.

Kasat Reskrim Polres Bulungan melalui Kanit Resmob IPDA Faisal Anang mengungkapkan, pelaku melakukan pencurian di sebuah rumah yang berada di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur. Setelah menggasak beberapa barang intaiannya, ia lalu melarikan diri ke daerah Muara Jawa, Kabupaten Kukar.

“Setelah kita koordinasi dengan Polres setempat (Polsek Muara Jawa), pelaku akhirnya berhasil kita amankan di sana (Kukar). Lalu kita hanya pergi mengambil pelaku ke sini (Polres Bulungan) untuk kita lakukan penyidikan,” kata Faisal saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Jum’at (7/8/2020).

Anang menjelaskan, FE melarikan diri hingga ke Kukar sebenarnya tidak membawa barang bukti yang dicurinya. Akan tetapi, pelaku lebih dulu menjual hasil barang curiannya di Kabupaten Berau.

Setelah pelaku diamankan, polisi lalu melakukan pencarian beberapa barang bukti yang ada di Berau. Alhasil, sejumlah barang bukti berupa satu unit kendaraan motor, perhiasan emas, serta gelang emas yang semuanya didapatkan di Berau.

“Tapi ada juga beberapa BB yang kita ambil di Kukar. Seperti HP yang kita amankan di tempat-tempat berbeda. Tapi lebih banyak BB yang kita amankan itu di Berau,” jelasnya.

Pelaku sendiri, lanjut Anang, merupakan residivis yang baru saja bebas dari Lapas kelas IIA Nunukan melalui program asimilasi. Namun karena tidak terbiasa hidup secara normal dengan pekerjaan halal, pelaku kembali dengan aktivitas lamanya sebagai pencuri.

“Dia (pelaku) baru bebas program asimilasi. Tapi karena mungkin tuntutan ekonomi, baru dia juga tidak ada kerjaan. Makanya nekat mencuri lagi,” ujarnya.

Lebih jauh diungkap Anang, pelaku saat ini sudah mendekam di rumah tahanan (rutan) Polres Bulungan. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah