Headline

Melanggar, Langsung Disuntik Vaksin

Pengendara yang terjaring razia, akan diarahkan vaksin apabila belum menerima vaksin. (Dok/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Polres Bulungan memiliki cara tersendiri guna mendukung upaya percepatan program vaksinasi Covid-19. Selain menggelar gerai vaksin, juga akan melakukan vaksin bagi pengendara yang terjaring razia.

Cara itu dilakukan dengan memanfaatkan Operasi Zebra Kayan 2021 yang digelar selama 14 hari (15 hingga 28 November) di wilayah Bulungan. Namun pada tanggal 15 dan 16 November, Polres Bulungan belum turun Operasi Zebra.

Jika pengguna jalan yang terjaring operasi ini belum divaksin, mereka akan diarahkan ke lokasi vaksinasi massal yang telah disiapkan. “Kalau memang terjaring (razia) dan ternyata belum vaksin, kita langsung arahkan ke gerai vaksin. Kita operasi ini, memang fokus pada pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona kepada Koran Kaltara.

Kapolres mengungkapkan, upaya itu sebagai salah satu langkah dalam mengejar target herd immunity (kekebalan kelompok) di Bumi Tenguyun – sebutan lain Bulungan. Apalagi, herd immunity di Bulungan ini belum mencapai target yang telah ditetapkan.

Padahal selama ini, pihaknya telah menggealar vaksinasi secara massal melalui gerai yang disebar. Baik di pasar tradisional, warung kopi, hingga di sejumlah pelabuhan.

“Sampai saat ini, (herd immunity) belum sampai 70 persen. Kalau sempurnanya kan, itu sampai 100 persen. Jadi minimal harus sampai 80 persen itu sudah bagus,” jelasnya.

Atas alasan itu, pihaknya akan menyasar semua pengguna jalan yang belum divaksin untuk divaksin di sentra vaksinasi milik Polres Bulungan. Namun ditegaskannya, kepolisian lebih mengedepankan upaya preemtif dan preventif selama pelaksanaan operasi.

Jajaran kepolisian maupun TNI  juga selalu mengimbau masyarakat yang belum vaksin, untuk divaksin di gerai-gerai yang telah disiapkan. Sasaran dari operasi ini adalah lebih kepada penerapan protokol kesehatan para pengguna jalan dan vaksinasi.

“Ini termasuk inovasi agar masyarakat yang belum vaksin untuk bervaksin. Kita butuh dukungan semua pihak untuk masyarakat kita agar mau vaksin,” imbuhnya.

Lebih jauh dikatakan Kapolres, Operasi Zebra Kayan di wilayah hukum Polres Bulungan akan dilakukan secara humanis. Dalam Operasi Zebra ini ada tindakan represif terbatas seperti teguran dan penilangan.

Namun sebisa mungkin pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait berlalulintas yang aman serta mematuhi protokol kesehatan. “Kita akan ketatkan prokes seperti pakai masker dan memberikan edukasi kepada masyarakat supaya prokesnya jangan kendor,” tegasnya.

Selain penanganan Covid-19, kepolisian dalam operasi itu juga tetap fokus pada kesadaran berlalulintas. Pelanggaran yang terlihat, maka langsung diberikan tindakan tegas terukur. Lanjutnya, pelaksanaan operasi kepolisian ini juga sebagai persiapan kondisi jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Karena biasanya saat itu, ada peningkatan mobilitas oleh masyarakat. Terutama saat akhir tahun nanti. Operasi secara cek point pasti ada. Isinya bukan razia saja tapi kembali lagi edukasi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Nurul Lamunsari

 

TOPIK TERKAIT:

Operasi Zebra Dimulai Hari Ini

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment