Bulungan

Masuk Prioritas Usulan, Tak Kunjung Ada Realisasi

Salah satu badan jalan Tanjung Palas Timur kondisinya rusak parah. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)
  • Tidak Hanya Perbaikan, Camat Minta Kualitas Jalan Ditingkatkan

TANJUNG SELOR, Koran KaltaraKondisi badan jalan menuju Tanjung Palas Timur, kian hari semakin parah. Meskipun sejauh ini melalui kecamatan setempat sudah sering kali menyampaikan usulan,  hingga kini belum juga disentuh perbaikan.

Camat Tanjung Palas Timur H Gapar mengungkapkan, terkait perbaikan jalan di wilayah sudah masuk dalam usulan yang disampaikan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Mulai dari desa, kecamatan dan seterusnya. Bahkan, tegasnya, usulan perbaikan jalan selalu masuk skala prioritas.

“Kondisi jalan semakin rusak parah. Ada beberapa ruas jalan di Binai yang sebelumnya tidak rusak, sekarang ini sudah rusak parah,” ungkapnya kepada Koran Kaltara, Selasa (2/3/2021).

Dalam hal ini, pihaknya berharap pemerintah bisa segera melakukan perbaikan. Sebab menurutnya, jika hanya berbicara kewenangan sampai kapanpun tidak akan ada titik temu. Sementara masyarakat yang menjadi korban.

“Kami (dari kecamatan) sudah pernah berkoordinasi ke Dinas PU provinsi. Mereka bilang kewenangan jalan ada di kabupaten. Koordinasi ke Dinas PU kabupaten jalan itu kewenangan provinsi. Jadi, sampai kapanpun tidak ada titik temu akan mutar-mutar disitu saja,” keluhnya.

Menurut Gapar, jika infrastruktur memadai maka kesejahteraan masyarakat akan terjamin. Apalagi di Tanjung Palas Timur ini ada objek wisata pantai. “Orang banyak berkunjung ke sini (Tanjung Palas Timur) otomatis perekonomian masyarakat meningkat,” kata dia.

Pihaknya juga memahami kondisi keuangan pemerintah daerah. Apalagi dalam masa pendemi Covid-19 seperti sekarang ini. Namun, masyarakat tidak juga dinilai perlu diperhatikan. Karena kerusakan jalan ini sudah berlangsung cukup lama.

“Kalaupun diperbaiki saya berharap kualitas jalan itu bisa ditingkatkan. Sebab, tonase kendaraan yang melintas di jalan itu melebih beban jalan,” bebernya.

Gapar menegaskan, apabila badan jalan itu tidak ditingkatkan maka perbaikan dinilai hanya akan membuang anggaran. “Saya berharap bisa ditingkatkan, karena sayang juga anggaran kalau diperbaiki sebentar rusak lagi,” imbuh Gapar. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah