Bulungan

Masih Pandemi, Arus Mudik Lebaran Tak Ramai

Aparat kepolisian masih tetap berjaga di jalur-jalur perlintasan arus mudik. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit, melalui Dir Lantas Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengungkapkan, arus mudik lebaran iduladha 1441 hijriah masih berjalan kondusif. Hingga hari H iduladha (hari ini) belum terjadi adanya peningkatan penumpang yang signifikan maupun alur lalu lintas.

“Alhamdulillah masih lancar. Belum ada peningkatan kendaraan maupun penumpang di pelabuhan. Ada sih (yang mudik), tapi tidak terlalu ramai,” katanya kepada Koran Kaltara, Kamis (30/7/2020).

Meski masih stabil, pihaknya  tetap melakukan pengawalan di beberapa titik. Terutama arus mudik yang melalui jalur darat, masih dalam pengawasan aparat gabungan.

Untuk jalur darat yang paling diawasi. Utamanya, jalur Bulungan-Berau. Jalur itu memang di prediksi akan terjadi peningkatan intensitas kendaraan hingga pasca lebaran nanti.

“Kita masih awasi (jalur darat). Sampai selesai lebaran, anggota masih berjaga terus. Karena jangan sampai, setelah lebaran nanti banyak yang masih mudik,” ungkapnya.

Rhomdon mengatakan, karena masih di masa pandemi Covid-19, pengamanan jalur mudik kali ini, memang ada ketegasan yang dilakukan kepolisian. Untuk pemudik yang tidak dilengkapi dengan rapid tes, maka terpaksa dijegat alias diperintahkan kembali. Begitu pun bagi pemudik yang berasal dari Berau, Provinsi Kaltim, jika memang ditemukan tidak memiliki surat rapid test, maka dengan terpaksa dilarang memasuki wilayah Kaltara.

Ketegasan itu, kata dia, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 meskipun sudah new normal. “Kalau lebaran (iduladha) ini kan, mudik tidak dilarang. Tapi harus ada ralid test. Karena kita antisipasi penyebaran Covid-19,” imbuh dia.

Dirinya berharap, masyarakat tetap bisa mematuhi semua peraturan meskipun sedang mudik. Karena situasi saat ini, kasus Covid-19 masih mengalami peningkatan yang signifikan. “Mudik boleh, asal ikut aturan. Kalau tidak, terutama tidak pakai rapid test maka terpaksa kita tidak izinkan untuk mudik,” tandasnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah