Hukum Kriminal

Masalah Perempuan, Enam Pemuda Baku Pukul

Lima pelaku pengeroyokan Kurdi sebelum masuk sel Polsek Tarakan Timur, Minggu (17/5/2020). (Foto : Istimewa)

TARAKAN, Koran Kaltara – Terlibat aksi pukul, lima pemuda warga Jalan Binalatung, Kelurahan Pantai Amal dilaporkan ke Polsek Tarakan Timur, 8 Mei lalu. Lima pemuda ini, SJ, AG, AR, JS dan HN dilaporkan tetangganya sendiri, Kurdi setelah melakuan pemukulan sekira pukul 23.00 Wita, malam sebelumnya.

Kapolsek Tarakan Timur AKP Faesal menuturkan korban dan kelima pelaku ini berprofesi sebagai nelayan. Kejadian bermula saat anak buah korban bermasalah dengan tetangganya, masalah perempuan.

“Masalah cewe lah ceritanya, di rumah korban. Tapi, korban tidak ada. Dikasih tahulah ke istrinya, kalau anak buah korban itu Bahrum ribut dengan salah satu pelaku, AG itu. Terus pulang, mau cari AG,” kata Kapolsek, dikonfirmasi Senin (18/5/2020).

Selanjutnya, AG datang dengan SJ dan akhirnya persoalan perempuan disampaikan ke korban. SJ pun langsung nyeletuk, “Kasih kelahi saja dia. Korban jangan ikut campur, biar urusan anak-anak ini,” kata Kapolsek menirukan laporan korban.

Ternyata SJ juga sudah tersulut emosi, hingga akhirnya mengajak korban duel. Saat duel ini, anak buah SJ datang dan ikut memukul pertama, akhirnya SJ dan keempat temannya mengeroyok korban di depan rumahnya. Para pelaku juga sebenarnya tinggal sekitar 10 meter di belakang rumah korban.

Pemukulan menggunakan tangan kosong ini membuat korban mengalami luka di bagian pipi sebelah kanan, kepala bagian belakang. “Kena pukul menggunakan tangan kosong saja mereka. Setelah itu, warga turun meleraikan mereka. Korban juga tidak luka parah, memang ada luka di bagian pinggang, tapi karena korban terjatuh saat dipukul, korban jatuh di pinggir jemuran rumput laut,” bebernya.

Kelimanya resmi ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan sejak akhir pekan lalu dan ditetapkan pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan. “Ancaman pasalnya 7 tahun, jadi kita lakukan penahanan. Kita subsider di ayat (1), ancaman pidananya 6 tahun penjara,” tandasnya. (*)

Reporter: Sahida

Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah