Nunukan

Maret-Juni, Total 156 Sampel Swab Dikirim

Aris Suyono

NUNUKAN, Koran Kaltara – Sejak Maret sampai tanggal 6 Juni 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan telah mengirimkan total 156 sampel diagnosa atau sampel swab baru. Dari jumlah itu sebanyak 149 sampel sudah ada hasilnya, yakni 43 terkonfirmasi positif dan 56 terkonfirmasi negatif. Sementara 57 sampel lainnya masih menunggu hasil.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Aris Suyono mengatakan, 57 sampel dikirim terakhir pada tanggal 6 Juni 2020.

Selain mengirim 156 sampel diagnosa, Gugus Tugas Covid-19 Nunukan juga sudah mengirimkan sampel follow up pengobatan sampai dengan hari ini Rabu (10/6/2020), sebanyak 112 sampel. Rata-rata satu pasien positif Covid-19 ini tiga kali diambil sampel untuk follow up.

Diketahui, sampel follow up dilakukan untuk mengetahui kesembuhan pasien Covid-19. Sampel harus terkonfirmasi negatif dua kali secara berturut-turut untuk dinyatakan sembuh.

“Ketika dia Orang Tanpa Gejala (OTG), setidaknya diambil satu kali di hari pertama (negatif) dan diulang kedua kalinya di hari ke-14. Ketika dia Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP), akan diambil juga dua kali berturut-berturut, yaitu hari pertama dan kedua,” ujar Aris Suyono, Rabu (10/6/2020) saat press release.

Sementara kasus Covid-19 di Nunukan, saat ini tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif. Jumlah akumulasi tetap 43 orang dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 34 orang.

Sehingga pasien terkonfirmasi pisitif Covid-19 yang masih dirawat sebanyak sembilan orang. Delapan orang dirawat di ruang pemulihan Puskesmas Binusan dan satu orang di Kelurahan Mansapa.

Kemudian jumlah ODP masih dipantau ada 22 orang. Mereka tersebar di Kecamatan Nunukan 14 orang, Sebuku empat orang, Nunukan Selatan dua orang, Krayan Timur dan Sebatik Barat, masing-masing ada satu orang.

OTG yang masih dipantau sebanyak 343 orang. Kemudian PDP ada empat orang, di wilayah Nunukan ada tiga orang dan Sebuku ada satu orang.

Aris mengatakan, untuk kegiatan pemantauan kesehatan lansia (Pankesia), sudah mencapai 85,6 persen. Target di akhir bulan Juni sudah selesai melaksanakan pankesia atau 100 persen tuntas di akhir bulan ini. (*)

BACA JUGA: Nunukan Siap Jalankan New Normal, Hari Ini Tak Ada Kasus Baru Covid-19

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah