Malinau

Malinau Tambah 1 Kasus Positif Covid-19

John Felix R

MALINAU, Koran Kaltara – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malinau kembali mengupdate perkembangan informasi kasus Covid-19.

Per tanggal 29 Juni, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Malinau bertambah satu orang, yakni karyawan perusahaan di Kecamatan Malinau Selatan berinisial RL (34).

“Iya, hari ini kita mendapatkan laporan satu kasus terkonfirmasi positif. Itu dari hasil swab yang kita kirimkan ke BBLK Surabaya. Jadi , satu karyawan PT HPMU dinyatakan positif corona,” ujar Kepala Dinas Kesehatan PPKB Malinau dr. John Felix Rundupadang kepada Koran Kaltara, Senin (29/6/2020).

John menyampaikan bahwa karyawan tersebut telah melakukan perjalanan mulai tanggal 12 Juni ke Makassar. Lalu, pulang kembali ke Malinau untuk aktif bekerja.

“Sebetulnya, sebagaimana kerja sama yang kita bangun dengan setiap perusahaan besar di Malinau, baik itu PT KPUC, AMK, PDMS hingga PT HPMU, agar karyawannya yang baru tiba di Malinau wajib menjalani karantina 14 hari dan masa karantina. Dan di hari ke-10, karyawan yang menjalani karantina wajib rapid test ulang,” tutur dia.

Menurut dia, saat rapid test ulang pada 22 Juni, rombongan yang baru tiba di Malinau ditemukan dua orang yang reaktif rapid test.

“Tadi malam kita mendapatkan hasil swabnya. Satu dari dua orang ini dinyatakan positif yaitu berinisial RL,” beber dia.
John menyampaikan bahwa rombongan yang tiba di Malinau ini sudah menunjukan surat keterangan atau surat hasil rapid test non reaktif.

“Kita bersyukur atas kerja sama dengan perusahan di Malinau ini. Sehingga mudah terdeteksi. Kalau tidak ada hubungan kerja sama, maka akan susah melacaknya,” jelasnya.

Dia menjelaskan, bahwa karyawan RL memiliki KTP dari Makassar. Namun bekerja di perusahaan PT HPMU.

“Dengan ditemukan satu kasus konfirmasi ini, kami belum memastikan, apakah masuk di data Gugus Tugas Provinsi atau tidak. Jadi Kita kembalikan ke provinsi. Karena KTP yang bersangkutan berdomisili di Makassar,” ungkapnya.

Menurut dia, kasus baru terkonfirmasi positif ini sudah menjalani perawatan di Bandiklat. “Tadi pagi yang bersangkutan sudah masuk di Bandiklat untuk menjalani perawatannya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, bahwa pihaknya telah melakukan tracing. “Bahkan tetangga satu kamar sebelum dia reaktif, kita sudah lakukan rapid test. Walaupun hasilnya positif, akan kita ulang lagi dari satu rombongan mereka,” jelasnya.

John berharap masyarakat Malianu tetap waspada. Terutama bagi warga yang baru tiba di Malinau. “Seperti karyawan ini, dengan membawa surat rapid test non reaktif. Begitu dirapid tes ulang dan di swab hasilnya positif,” ungkapnya.

John meminta masyarakat Malinau dapat memantau pergerakan keluar masuknya orang dari luar daerah.

“Kami harapkan peranan RT dan desa untuk melaporkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Malinau. Jika, ada warga baru yang masuk ke wilayahnya. Kenapa? RT dan desa ini adalah sentra yang memantau pergerakan masyarakat di wilayahnya. Kami wajibkan apabila ada warga yang baru masuk segera melaporkan kepada Gugus Tugas Kabupaten sehingga ditindaklanjuti,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah