Malinau

Malam Ini, KPU Malinau Gelar Debat Paslon

Ketua KPU Malinau, Lasinias

MALINAU, Koran Kaltara – Sabtu (21/11/2020) hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malinau menyelenggarakan debat pasangan calon (paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) putaran pertama dan terakhir, di stasiun TV swasta, Jakarta.

Debat akan dihadiri tiga pasangan calon dan 12 orang tim pemenangan, sesuai dengan protokol kesehatan.

Ketua KPU Malinau Lasinias menyampaikan, bahwa untuk debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Malinau sesuai aturan di PKPU hanya akan dihadiri tiga pasangan calon, 12 orang tim pemenangan dari masing-masing paslon, dua orang Bawaslu dan lima orang dari KPU. “Jadi kami sesuai dengan peraturan KPU,” ujar Lasinias kepada Koran Kaltara, Jumat (20/11/2020).

Dia menyampaikan, bahwa di dalam studio televisi swasta akan tersedia room VVIP bagi keluarga masing-masing pasangan calon.

“Jadi memang untuk keluarga tidak diperkenankan masuk ke studio. Tetapi ada ruang VVIP yang disediakan untuk para keluarga pasangan calon kandidat,” jelasnya.

Diketahui, debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malinau ini akan direlay di studio I milik Kompas TV pada 21 November 2020.

“Jadi akan dimulai pukul 18.00 WIB sampai 20.00 WIB untuk Jakarta. Tetapi, untuk wilayah tempat kita, itu pukul 19.00 Wita-21.00 Wita,” sebut dia.

Dia mengatakan, bahwa debat paslon ini akan mengusung tema yang telah disusun pakar akademisi dari Rektor Universitas Borneo Tarakan Dr. Adri Patton, Rektor Universitas Kaltara Prof Abdul Jabarsyah dan akademisi dari Yogyakarta.

“Tema yang telah kita pilih itu sebenarnya ada lima. Namun, kita padukan dengan visi misi dari peserta pasangan calon ini sehingga dirangkum jadi satu, yaitu mewujudkan tata kelola Pemerintahan Kabupaten Malinau yang terintegrasi dan berintegritas,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, ada enam segmen dalam debat ini. Pertama itu, visi dan misi. “Kedua hingga kelima, muatan dari tema itu sendiri mulai dari penanganan Covid-19, kasus narkoba dan beberapa hal lainnya. Dan keenam, statmen closing,” tutur Lasinias.

Dia mengajak seluruh masyarakat Malinau dapat menyaksikan debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malinau tersebut. “Intinya bagaimana masyarakat Malinau bisa melihat dan mendengar langsung visi misi masing-masing pasangan calon ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah