Advertorial

Maksimalkan Pelayanan PDAM, Pemkot Akan Bangun Embung Baru

Wali Kota Tarakan, Khairul meninjau lokasi yang akan dibangun embung baru di perumahan Korpri, Kelurahan Juata Permai. (Foto : HUMPRO Tarakan)

TARAKAN – Air baku yang digunakan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Kota Tarakan masih mengandalkan tadah hujan, karena Tarakan tidak memiliki sungai dengan debet air yang melimpah.

Air tanah yang diharapkan sebagai sumber air baku juga tidak layak karena mengandung zat besi yang terlalu tinggi. Membangun embung menjadi salah satu cara memenuhi kebutuhan air baku PDAM.

Salah satu lokasi yang layak untuk dibangun embung baru berada di komplek perumahan Korpri Kelurahan Juata Permai. Untuk memastikan kondisi pada Sabtu (1/8) Wali Wota Tarakan, Khairul bersama jajaran Pemkot Tarakan meninjau secara langsung daerah yang akan digunakan sebagai lahan pembangunan embung baru.

Tinjauan awal ini bertujuan untuk melakukan pemetaan potensi yang ada, selanjutnya pejabat terkait akan melakukan penelaahan sebelum melangkah ke tahap berikutnya. Setiap proses akan dilakukan secara hati-hati dan sesuai dengan prosedur administrasi pemerintahan, supaya pembangunan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Khairul menjelaskan bahwa dengan bertambahnya embung yang ada di Tarakan, maka dapat semakin meningkatkan persediaan air baku dan akan diolah PDAM untuk didistribusikan ke pelanggan. “Kebutuhan air bersih semakin meningkat, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, kita juga melaksanakan program pemasagan sambungan baru secara gratis kepada masyarakat. Maka air baku harus disediakan,” terangnya.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Pemkot Tarakan juga sedang dalam proses pembangunan sarana dan prasarana penyediaan air bersih untuk warga Bumi Paguntaka. Diantaranya pembangunan infrastruktur di kawasan sungai Indulung, optimalisasi pemanfaatan embung yang telah beroperasi, dan pemasangan jaringan secara gratis di rumah warga yang diprioritaskan masyarakat berpenghasilan rendah. (adv/yan)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah