Kaltara

LP Ma’arif NU Kaltara Sukses Gelar Festival Anak Soleh

Ketua LP Ma’arif NU Kaltara, Suriansyah Hanafi (Batik), bersama beberapa pemenang Festival Anak Soleh 2021. (Foto : Agung/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nadhatul Ulama (NU) Kalimantan Utara (Kaltara), telah sukses menggelar rangkaian Festival Anak Soleh 2021. Para pemenang lomba yang berlangsung pada 9 dan 10 Januari lalu, kemarin menerima hadiah dari pihak panitia, Senin (18/1/2021).

Ketua LP Ma’arif NU Kaltara, H. Suriansyah Hanafi menyampaikan, pihaknya bersama pemerintah memiliki tugas dalam mendidik para generasi muda. Pendidikan tidak sebatas pada ketaatan saja, melainkan juga pada aspek keshalehan.

“Melalui Festival Anak Sholeh ini, kita ingin anak-anak bisa taat beragama dan shaleh dalam kehidupan sehari-hari,” kata Suriansyah saat diwawancara usai kegiatan.

Surianyah berpesan, generasi muda harus senantiasa mengasah kreativitas yang dimiliki. Orang tua dan sekolah juga harus memberikan dukungan penuh. “Jangan karena pandemi, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Anak-anak harus tetap semangat dalam mengasah bakat dan kreatifitasnya,” jelas Suriansyah.

“Orang tua juga harus peka dan memberikan dukungan. Lalu sekolah dan madrasah aktif dalam mendata potensi anak didiknya. Beri wadah untuk kreatifitas mereka” ujarnya menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, LP Ma’arif NU Kaltara sekaligus melaunching Sanggar Kreatifitas Anak Sholeh. Yakni wadah pembinaan bakat para generasi muda muslim. Mulai jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

“Tahun depan kita programkan taman pendidikannya. Jadi sekolah non formal untuk meningkatkan keshalehan dan kreatifitas anak-anak,” ujarnya.

“Semua dilakukan dengan terintegrasi, terukur dan berkelanjutan. Libatkan pemerintah, sekolah, madrasah dan pihak-pihak lain. Jadi visi misi sekarang, bisa terlihat dalam 10 sampai 20 tahun ke depan,” kata Suriansyah melanjutkan.

Dari laporan panitia, diketahui ada enam bidang yang dilombakan pada Festival Anak Shaleh 2021 di Tanjung Rumbia. Yakni Hafalan Surat di Juz 30, Cerdas Cermat Agama, Syarhil Qur’an, Pidato, Adzan dan Tarian Japen. Total peserta yang ikut mencapai 91 orang. Baik dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah.(adv)

Reporter: Agung Riyanto

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah