Headline

Lonjakan Kasus di Kaltara Tak Terbendung

Peningkatan kasus Covid-19 di Kaltara masih terus terjadi, bahkan ada lonjakan puluhan kasus baru beberapa hari terakhir. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Total 181 Kasus Aktif, Semua Daerah Kembali Terpapar Covid-19

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Lonjakan kasus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tampak tak terbendung beberapa hari belakangan. Hal itu sesuai dengan data perkembangan kasus yang selalu diperbarui oleh Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy.

Bahkan dua hari terakhir, penambahan kasus baru selalu di atas 20 kasus yang tersebar di beberapa daerah. Termasuk pada Hari Jumat (20/11/2020), total kasus baru yang tercatat di Kaltara sejumlah 23 orang yang terkonfirmasi positif Virus Corona.

“Data tambahan positif Covid-19, ada 14 dari Tarakan, 4 orang dari Bulungan, dan 5 orang dari Tana Tidung,” sebut Agust dalam rilis tertulisnya, kemarin.

Belasan kasus baru di Tarakan tersebut merupakan Klaster Rumah Sakit. Delapan orang laki-laki dengan inisial FJ (32 Tahun), SH (54 Tahun) YY (41 Tahun), RN (57 Tahun), AO (28 Tahun), DS (51 Tahun), NA (57 Tahun) dan CM (29 Tahun). Enam lainnya perempuan inisial DM (49 Tahun), EM (33 Tahun), SD (40 Tahun), YDP (44 Tahun), SA (40 Tahun) dan HM (43 Tahun).

Selanjutnya, empat pasien baru di Bulungan, yakni seorang laki-laki inisial SR (37 Tahun) Klaster Pekerja Proyek, dua perempuan inisial NS (42 Tahun) dan AW (20 Tahun) kasus transmisi lokal. Lalu, satu orang laki-laki inisial ANA (22 Tahun) punya riwayat perjalanan dari Kalimantan Barat.

Adapun lima kasus baru di Tana Tidung seluruhnya tercacat sebagai kontak erat. Di antaranya empat orang laki-laki inisial SM (58 Tahun), IA (11 Tahun), MI (40 Tahun) dan SM (26 Tahun). Terakhir satu perempuan inisial GR (38 Tahun).

Dengan munculnya lima kasus baru di Tana Tidung, kini tidak ada lagi daerah di Kaltara yang zero kasus. Empat kabupaten dan satu kota di provinsi termuda di Indonesia ini, kembali mencatatkan adanya kasus aktif alias pasien positif Corona yang menjalani perawatan.

“Akumulasi positif covid-19 di Kaltara sebanyak 1.057 kasus. Ada tambahan pasien sembuh sebanyak satu orang di Tarakan dan empat orang di Bulungan, sehingga total pasien sembuh di Kaltara sebanyak 864 orang. Yang meninggal dunia sebanyak 12 orang, serta yang masih dirawat sebanyak 181 orang,” beber Agust.

Dari total 181 kasus aktif itu, paling banyak masih di Tarakan dengan 106 pasien. Yang kedua Bulungan dengan 64 pasien. Kemudian menyusul Nunukan lima pasien, Tana Tidung lima pasien dan Malinau satu pasien.

“Kami mengharapkan agar Satgas Kabupaten dan Kota lebih mengaktifkan pemantauan, pengawasan dan penertiban protokol kesehatan di masyarakat. Terutama tempat umum, sarana transportasi, tempat ibadah, dan lain-lain. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah