Kaltim

Longsor Lagi, Jalan Ampera Kembali Tertimbun

Material longsor hampir memenuhi dua ruas jalan di Samarinda Seberang akibat intensitas hujan yang tinggi. (Foto: Vico/KK)

SAMARINDA – Longsor di Jalan Ampera, Keluarahan Mangkupalas, Samarinda Seberang kembali menyerbu dan memenuhi badan jalan, kondisi cuaca sering turun hujan menjadi salah satu penyebabnya.

Sudah sejak sepekan yang lalu kawasan itu sudah tak bisa dilewati kendaraan roda empat, hanya pengendara bermotor, lantaran kondisi ruas jalan mulai menyempit. Hal itu disebutkan langsung oleh Camat Palaran, Suwarso. Ia menganggap persoalan itu menjadi tanggung jawab bersama. “Memang kalau secara wilayah itu Kecamatan Samarinda Seberang, tapi kan warga saya juga lewatnya di situ,” ucapnya, Rabu (13/1).

Ia melaporkan bahwa kondisi saat ini usai Samarinda diguyur hujan mengakibatkan jalanan menjadi licin, sehingga meskipun banyak warga yang nekat ingin melintas, perlu kewaspadaan tinggi, karena sangat berpotensi terjadinya jatuh dari motor. “Sekarang ini banyak yang jatuh, karena jalan sangat licin pengendara bermotor jadi tergelincir,” jelasnya.

Sementara itu menurut informasi dari Lurah Mangkupalas, Muhammad Noor menyebutkan, kondisi tanah hampir menutupi ruas jalan sekira pukul 03.00 dini hari. “Tadi kata warga saya malam itu jalanan masih bisa dilalui, cuma pas subuh tadi sudah berbahaya dilintasi,” ujarnya.

Peristiwa ini sudah berulang kali terjadi. Disinggung terkait upaya yang akan dilakukan pihak kelurahan, Noor akan memasukan usulan di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kelurahan, untuk pembuatan bronjong.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala UPTD Pemeliharaan Infrastruktur Wilayah II Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR PERA) Kaltim Joniansyah, mengatakan, pihaknya sudah menurunkan alat berat guna menunjang kegiatan pembersihan pada material tanah longsor yang memenuhi ruas jalan itu. “Karena ada dua pengerjaan, jadi kami sementara turunkan dua alat berupa ekskavator dulu,” kata Joni.

Demi kejadian serupa tak terulang lagi, Joni mengabarkan bahwa pada 2021 ini pengerjaan turap akan dilaksanakan oleh Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR PERA) Kaltim, namun sementara pihaknya akan merampungkan pembersihan tanah terlebih dahulu. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah