Bulungan

Lomba Paduan Suara, Semarak Menuju Hari Jadi

Peserta lomba paduan suara di lingkungan Pemkab Bulungan. (foto: Norjannah)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Jelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulungan ke 62 dan Tanjung Selor ke 232 pada 12 Oktober 2022, Pemkab Bulungan mengisinya dengan menggelar berbagai lomba.

Perdana, digelar adalah lomba paduan suara antar perangkat daerah dilingkungan Pemkab Bulungan, Kamis (4/8/2022).

Mars dan himne Kabupaten Bulungan merupakan lagu yang diperlombakan untuk paduan suaranya yang diikuti sekitar 29 peserta itu.

Selain perayaan hari jadi, lomba ini juga semangat menyambut Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun 2022.

Bupati Bulungan, Syarwani, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memupuk persaudaraan, kebersamaan, pengabdian dan kebanggaan terhadap Kabupaten Bulungan.

Lomba juga menjadi wadah para ASN maupun tenaga kontrak pemkab dalam kegiatan pembinaan kesenian melalui bernyanyi.

“Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kontribusi dalam menyambut serta memeriahkan peringatan HUT Tanjung Selor dan Kabupaten Bulungan,” ujarnya.

Penilaian paduan suara meliputi teknik yang meliputi antara lain intonasi, kualitas suara, penempatan suara, kekuatan, kesatuan dan perpaduan suara.

Lalu penilaian artistik meliputi interpretasi berdasarkan artikulasi dan tempo serta ekspresi artistik terdiri penampilan keseluruhan, ekspresi anggota dan kekompakan.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan apresiasinya kepada pencipta lagu mars dan hymne Kabupaten Bulungan, seorang seniman dari Bulungan yakni, H. Ahmad Tjatjuk.

“Ini momentum yang membahagiakan kita semua, karena ini kali pertama kita gelar paduan suara khususnya lagu mars dan himne Bulungan. Setelah kita tetapkan menjadi lagu Bulungan pada upacara peringatan hari jadi Bulungan dan Tanjung Selor 2021 lalu,” jelasnya.

Menurutnya, dari lagu tersebut banyak pesan moral yang bisa didalami bagi masyarakat Bulungan. Diharapkan itu bisa menjadi motivasi untuk membangun Bulungan lebih baik.

“Semoga ini menjadi pondasi kita bersama dalam membangun kekuatan untuk Bulungan. Sebagaimana lagu yang diawali dengan satukan langkah dan perbuatan. Syair yang disusun sangat dalam, ini bentuk dedikasi penciptanya untuk Bulungan,” katanya.

Para pemenang akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan, sementara pemenang 1, 2 dan 3 juga akan ditetapkan menjadi paduan suara ASN Kabupaten Bulungan.

Bupati menambahkan agar lagu daerah bisa dikampanyekan, mulai dari perangkat daerah.

Salah satunya melalui perlombaan paduan suara itu. Kemudian ia juga berharap lagu daerah bisa didengarkan di berbagai fasilitas umum.

“Misalnya pelabuhan, bandara dan lainnya, kedepan kita berharap lagu ini bisa dilombakan ditingkat sekolah. Kita perkenalkan mulai dari sekarang,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Norjannah
Editor: Sobirin

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment