Advertorial

Lestarikan Budaya, Wali Kota Buka Gawas Dumud 2020

Wali Kota Tarakan Khairul menabuh rebana sebagai tanda dimulainya acara Gawas Dumud 2020 yang dilaksanakan di Baloy Adat Tidung dan Budaya Telaga Keramat. (foto : HUMPRO Tarakan)

TARAKAN – Sebagai bentuk dukungan Pemkot Tarakan terhadap adat dan budaya serta kearifan lokal Bumi Paguntaka, Wali Kota Tarakan Khairul bersama Wakil Wali Kota Tarakan Effendy Djuprianto menghadiri acara gelar adat budaya Gawas Dumud 2020 di Baloy Adat Tidung dan Budaya Telaga Keramat, pada Sabtu malam (21/11).

Sesuai jadwal kegiatan, acara ini akan berlangsung selama 3 hari yang dimulai 21 hingga 24 November 2020.

Dalam sambutnya, Khairul mengatakan acara seperti harus terus dilestarikan karena akan menjadi salah satu identitas suatu daerah tidak terkecuali di Tarakan. Meskipun saat ini sedang pandemi Covid-19 namun acara ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam kesempatan tersebut, Khairul juga memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, karena telah memberikan sumbangsihnya terhadap kelestarian adat budaya. Selain itu, acara Gawas Dumud ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata.

Lebih lanjut dikatakan Khairul, meskipun dengan mengadaptasi kehidupan baru namun tidak mengurangi makna dari acara adat dan budaya ini. Apalagi selama berlangsung disiarkan secara langsung melalui live streaming, sehingga untuk mengetahui apa saja segmen kegiatan dapat dilihat secara virtual.

“Kepada panitia saya harapkan acara ini dapat dikombinasikan dengan kecanggihan teknologi, yaitu live streaming, sehingga para penonton tidak harus datang kesini. Cukup dari rumah tetapi sudah bisa mengetahui ragam adat dan budaya yang ada di Tarakan secara virtual,” ungkapnya.

Acara Gawas Dumud merupakan kegiatan yang dilakukan oleh generasi muda suku Tidung, untuk menampilkan berbagai macam tarian, ragam budaya, bahkan sampai menampilkan berbagai macam kuliner khas suku asli Tarakan ini. (adv/yan)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah