Tarakan

Lebaran, Pasien Positif Covid-19 Tetap Tidak Boleh Dijenguk

dr. Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Kasus positif Covid-19 di Kota Tarakan, Minggu (24/5/2020) tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga saat ini jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 sebanyak 44 orang.

Rinciannya, 32 orang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan dan Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tarakan di Jalan Aki Babu, Kelurahan Karang Harapan. “Hari ini tidak ada penambahan kasus positif Covid-19,” terang dr. Devi Ika Indriarti, Jubir Satgas Covid-19 Tarakan dalam press releasenya.

Devi menegaskan, di Hari Raya Idulfitri (Lebaran) 1441 Hijriyah, pasien yang dirawat dan menjalani isolasi di rumah sakit, tidak boleh dijenguk keluarga pasien.

“Menengok (pasien Covid-19) tidak bisa, isolasi tetap isolasi tidak ada istilah Lebaran. Makanan dari luar juga tidak boleh, karena kita harus menjaga,” tegasnya.

Meski tidak dapat menjenguk atau menengok secara langsung, keluarga pasien masih bisa berhubungan melalui video call, video teleconference, maupun media sosial. Hal ini memang bisa dilakukan sebelumnya.

Sementara itu untuk perkembangan kasus lainnya, yakni Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dipantau saat ini sebanyak 200 orang. Diketahui ODP sebelumnya berjumlah 190 orang sehingga ada penambahan 10 orang.

“Sementara itu jumlah OTG (Orang Tanpa Gejala) yang sedang dipantau sebanyak 258 orang, OTG adalah orang yang tidak bergejala (sakit), namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

Selanjutnya, warga yang melaporkan diri melalui hotline dinas kesehatan setelah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit sebanyak 852 orang.

Devi juga mengimbau agar masyarakat tetap menaati PSBB yang telah ditentukan serta dalam merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 H tidak mengadakan kegiatan open house, halalbihalal atau kegiatan lain sejenis yang mengumpulkan dan mengundang banyak orang.

“Kegiatan silaturahmi hanya dilakukan terbatasan di antara keluarga terdekat yang status kesehatannya diketahui secara pasti dan tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah tertular,” imbau Satgas. (*)

Repoter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah