Ekonomi Bisnis

Lapak di Pasar Induk Masih Banyak yang Kosong

Lapak Pasar Induk Imbayud Taka Tana Tidung. (Foto: Hanifah)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Pasar Induk Imbayud Taka yang merupakan pasar satu-satunya di Kecamatan Sesayap, lapaknya belum terisi penuh, masih banyak lapak yang kosong.

Untuk mengisi lapak yang ada, pihak Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (DisperindagKop) dan UMKM bakal melakukan penertiban kepada pedagang kaki lima (PKL) yang berada di luar pasar.

Sekretaris Disperindagkop dan UMKM, Linda Safitri mengatakan, pihaknya akan menertibkan PKL yang masih terlihat berjualan di pinggir jalan raya. Bahkan mereka kerap membuang sampah sembarangan serta menganggu pejalan kaki.

Menurutnya, masih ada beberapa pedagang ikan dan sayuran yang masih berjualan di luar pasar induk tersebut.

“Kami menyiapkan pasar seharusnya ditempati. Akan tetapi ada beberapa pedagang yang meminta supaya mereka menyelesaikan waktu sewa atau waktu kontrak, makanya kami beri keringanan mereka sementara waktu ini,” ungkap dia, Senin (27/7/2020).

Dia menilai, jumlah lapak dan kios sebanyak 62 ditambah dengan ruko yang berjejer di kawasan pasar sangat disayangkan jika tidak ditempati oleh para pedagang.

Dulu sebelum pasar induk selesai dibangun, pihaknya tidak dapat memaksa seluruh pedagang pindah ke pasar yang masih berupa relokasi saja, namun sejak tiga bulan lalu pasar induk ini sudah mulai dioperasikan dan penataan pasar akan maksimal dengan penggunaan maksimal pula.

“Bahkan, sekarang ini pedagang bisa berjualan sampai malam hari. Kita berharap para PKL dapat turut bergabung dengan para pedagang lainnya di pasar karena tempat yang di luar pasar dianggap menganggu ketertiban umum. Untuk yang masih menyambung sewa atau kontrak, kami beri kelonggaran tapi yang lainnya silahkan bergabung ke pasar, supaya penataan kota lebih terlihat maksimal,” tambah dia.

Diketahui, banyak aduan warga terhadap PKL ini terutama yang berjualan ikan atau daging ayam persis di pinggir jalan. Pasalnya dagangan mereka menimbulkan bau yang tak sedap. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah