Nunukan

Langgar Protokol Kesehatan, Izin Usaha Bisa Dicabut

Hasan Basri

NUNUKAN, Koran Kaltara – Pelaku usaha, penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan.

Bila ditemukan tidak menaati protokol kesehatan, maka akan diberikan sanksi administratif, mulai dari teguran lisan, teguran tertulis, penghentian sementara kegiatan hingga pencabutan izin.

Sanksi tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nunukan Nomor 28 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Nunukan, Hasan Basri menjelaskan, Perbup Nomor 28 tahun 2020 ditujukan kepada seluruh masyarakat Nunukan, termasuk pelaku perjalanan dalam rangka melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, secara maksimal.

Dalam Perbup tersebut, subjek pengaturan meliputi perorangan, pelaku usaha dan pengelola, penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum.

Selain sanksi administratif, juga ada sanksi kerja sosial, seperti membersihkan fasilitas umum dengan menyapu dan memungut sampah, membersihkan tempat ibadah dan lain-lain, disesuaikan dengan kondisi lokasi.

Untuk pemberian sanksi dilaksanakan dengan mengedepankan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengubah perilaku lebih sehat.

“Perbup sudah diiringi dengan pengawasan, mengatur sanksi baik secara lisan, kemudian ada sanksi bekerja sosial. Karena sebelumnya tidak ada pengawasan, tidak ada sanksi,” kata Hasan Basri, Rabu (23/9/2020).

Ketika terbit Perbup, maka ada sanksi yang diberikan kepada pelanggar dan itu berlaku untuk siapa pun. Perbup efektif berlaku mulai tanggal 21 September.

Ia menekankan, intinya masyarakat Nunukan harus patuh dengan protokol kesehatan. Hal itu berutujuan mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nunukan.

“Karena Nunukan jika dibandingkan dengan daerah lain di Kaltara, lebih baik penanganannya. Hal ini tampak dari pasien yang sembuh, kemudian angka kasus terus menurun,” ujarnya.

Hasan mengimbau kepada masyarakat Nunukan agar menaati protokol kesehatan apalagi saat ini sudah ada Perbup. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah