Nunukan

Lanal Nunukan Manfaatkan Markas untuk Ketahanan Pangan

Danguspurla Koarmada II saat meninjau kolam ikan di Lanal Nunukan. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI AL Nunukan memanfaatkan lahan sekitar markas dan perumahan dinas prajurit dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Nunukan. Di sekitar markas ditanami pohon buah serta dibuat kolam ikan.

Komandan Lanal (Danlanal) Nunukan, Letkol Laut (P) Anton Pratomo mengatakan, prajurit Lanal Nunukan sudah menanam berbagai macam jenis buah-buahan. Dan sementara ini, sedang mempersiapkan kolam untuk budidaya ikan nila dan lele. Kemudian, lahan kosong juga dimanfaatkan untuk ubi-ubian dan jagung.

“Kolam ikan yang rencananya akan dibudidaya, yakni ikan nila dan lele. Dimana dua jenis itu bisa dikonsumsi untuk internal Lanal Nunukan,” ujar Danlanal. Ia mengatakan, tanaman buah maupun budidaya ikan nila dan ikan lele, lokasinya di lingkungan Lanal Nunukan.

“Seperti di rumah dinas prajurit, tanam buah-buahan. Ada duku, klengkeng, durian, petai, timun, kelapa, mangga. Yang menanam sampai merawat dan panen, termasuk membuat kolam ikan dan memeliharanya, semua dilakukan oleh prajurit,” kata Danlanal, Jumat (22/5/2020) di Mako Pangkalan TNI AL Nunukan.

Di kesempatan yang sama, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Lanal Nunukan dalam mewujudkan ketahanan pangan. Hal ini diungkapkannya, usai menyerahkan secara simbolis bantuan logistik Panglima TNI kepada prajurit Lanal Nunukan.

“Dimanfaatkan dengan tanaman yang cepat di panen dan kemudian juga saya tekankan tadi, yaitu memanfaatkan lahan kosong untuk berternak unggas, ayam dan membuat kolam ikan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah