Headline

Lampaui Tarakan, Kasus Covid-19 Terbanyak di Malinau

Agust Suwandy
  • Meningkat Signifikan, Tercatat 281 Kasus Akumulasi di Kaltara

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali mencatat penambahan kasus baru Coronavirus Disease (Covid-19). Berdasarkan rilis yang disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy pada Kamis (30/7/2020), sebanyak 13 orang terkonfirmasi positif virus corona di Kabupaten Malinau.

Agust mengungkapkan, penambahan kasus di Malinau adalah rentetan dari paparan Covid-19 di United Tractor yang beroperasi di Desa Long Loreh, Malinau. Kali ini, dari 13 kasus baru, 12 di antaranya merupakan tambahan dari Kluster Perusahaan di Kabupaten Malinau. Yakni, 10 orang laki-laki dengan inisial ANS (24 Tahun), AW (28 Tahun), TW (34 Tahun), JS (28 Tahun), JL (22 Tahun), MAS (27 Tahun), RY (32 Tahun), SP (27 Tahun), SI (18 Tahun) dan SR (30 Tahun). Lalu ada dua orang perempuan inisial RM (27 Tahun) dan SDY (23 Tahun). Kemudian, satu orang lagi merupakan kontak erat dari Kluster Perusahaan tersebut, seorang laki-laki dengan inisial AM (23 Tahun).

“Dari 12 Kluster Perusahaan, 4 orang dari PT Kalimantan Prima Persada (KPP) dan 8 dari PT Tegap Mitra Nusantara. Satu orang ini (AM) kontak erat dari mantan pekerja kantin perusahaan. Kami perlu sampaikan, dari 12 orang perusahaan hasil pemeriksaan PCR Klinik Tirta Berau, satu orang kontak erat masyarakat dari BBLK Surabaya,” ungkapnya, kemarin.

Bertambahnya kasus baru di Malinau, menjadikan daerah tersebut sebagai penyumbang kasus Covid-19 tertinggi di Kaltara dengan akumulasi 97 kasus. Bahkan, angka itu sudah melewati kasus di Tarakan yang sebelumnya tertinggi dengan 88 kasus. Bahkan dengan penambahan itu, akumulasi kasus di Kaltara meningkat signifikan menjadi 281 kasus.

“Jadi akumulasi kasus di Kaltara menjadi 281 orang. Kemudian pasien yang dinyatakan sembuh tidak ada penambahan, tetap 214 orang dan meninggal dunia 2 orang. Sehingga yang menjalani perawatan menjadi 65 orang. Dua di Bulungan, satu dirawat di Tanjung Selor dan satu dirawat di Tarakan. Dan 63 jalani perawatan secara mandiri  di Kabupaten Malinau,” bebernya.

Untuk diketahui, tingkat kesembuhan, sampai kemarin di tiga daerah tercatat sudah 100 persen sembuh. Yakni Tarakan dari 88 kasus semuanya sudah sembuh. Begitu pula dengan Nunukan dengan 44 kasus serta Tana Tidung dengan 7 kasus.

Sementara itu, dengan adanya penambahan kasus yang cukup besar, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada. Meningkatkan pola hidup sehat, dan selalu menerapkan protokol kesehatan covid-19. “Selalu periksaan diri kalay ada gejala covid-19, dan selalu ikuti aturan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah