Nunukan

Lahan Sawah di Nunukan Hanya 4.000 Hektare

Masniadi

NUNUKAN, Koran Kaltara – Kabupaten Nunukan hanya memiliki lahan sawah seluas 4 ribu hektare. Lahan itu tersebar di Kecamatan Krayan, Kecamatan Sebatik, Kecamatan Sei Menggaris, Kecamatan Nunukan dan Kecamatan lainnya. Paling besar di Kecamatan Krayan seluas 3 ribu hektare.

Kepala DPKP Nunukan Masniadi mengatakan, bahwa luasan lahan sawah 4 ribu hektare di Kabupaten Nunukan masih jauh dari target. Target lahan sawah di Kabupaten Nunukan seluas 13 ribu hektare agar bisa memenuhi kebutuhan beras masyarakat Kabupaten Nunukan.

“Dengan luas lahan itu, rata-rata sekali panen mencapai 5 ton. Itu belum termasuk di Krayan, yang hanya 3-4 ton per sekali panen. Kenapa lebih sedikit karena di Krayan tidak pakai bahan kimia. Mereka memakai pupuk organik. Saat ini, Krayan masuk musim tanam. Kalau di Krayan sudah rutinitas dan ada jadwalnya sendiri,” pungkas dia kepada Koran Kaltara, Rabu (29/7/2020).

Dia mengungkapkan, apabila Kabupaten Nunukan ingin menjadi sentra, maka perlu perluasan areal lahan sawah. Namun, proses percetakan sawah tidak mudah.

“Kemarin saya sudah diskusi dengan konsultan. Ada beberapa lokasi yang diusulkan. Tapi, kita berpikir bagaimana dibangun, apakah ada petani atau tidak,” tambahnya.

Menurut dia, untuk mencari petani tidak mudah. Sebab, awal Kabupaten dibentuk, ada puluhan hektare lahan cetak sawah dibangun, namun tidak berjalan maksimal karena tidak ada petani.

“Tidak mungkin kita mau datangkan petani dari luar daerah. Sekarang ini yang banyak petani penggarap bukan pemiliknya,” tuturnya.

Apalagi, kata dia, pekerjaan pabetang rumput laut membuat banyak masyarakat tidak ingin menjadi petani.

“Saya juga pernah diskusi dengan pengikat rumput laut, kenapa tidak menjadi petani sawah. Mereka jawab, kalau sawah susah jaga burungnya, kalau ikat rumput laut, kalau sudah selesai ditinggal saja,” pungkasnya.

Meski begitu, dia mengaku, saat ini sudah banyak petani terlihat kembali menggarap sawahnya. Sehingga diharapkan kebutuhan beras lokal bisa mencukupi. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah