Tana Tidung

Lagi, Bertambah 1 Orang Positif Covid-19 di KTT

Idham Noor

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Tana Tidung kembali bertambah satu orang. Sehingga per Sabtu (28/11/2020) jumlah pasien aktif yang sedang dirawat menjadi tujuh orang.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 KTT, Idham Noor mengatakan jumlah akumulasi kasus hingga hari ini sebanyak 19 orang. Dimana 12 orang telah dinyatakan sembuh dan tujuh orang dirawat di RSUD Akhmad Berahim di Desa Tideng Pale, Sesayap.

Dari tujuh kasus tersebut, enam merupakan kasus impor atau pasien tertular di luar daerah, sementara satu kasus transmisi lokal. Diketahui, sebelumnya KTT sempat zero Covid-19 dan ditetapkan sebagai daerah hijau atau masuk zona hijau.

“Kekhawatiran kita akan terjadi ledakan kasus melalui kontak erat yang terus meningkat sejak adanya pasien Covid-19 cukup besar. Secara perlahan kasus kembali terjadi dari import. Sebaiknya masyarakat tetap waspada karena Covid-19 di beberapa daerah Kaltara meningkat dan KTT pun tak terkecuali,” ucap dia, Jumat (27/11/2020).

Dia kembali mengingatkan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) tanpa adanya kelonggaran sama sekali. Pasalnya dengan penurunan kasus sebelumnya membuat masyarakat menjadi tidak waspada, imbasnya terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Dengan adanya tambahan kasus Covid-19 ini, ada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sesayap, Kecamatan Sesayap Hilir dan Kecamatan Tana Lia yang masuk dalam zona kuning atau zona risiko rendah. Sementara dua kecamatan tetap zona hijau, yakni Kecamatan Betayau juga Kecamatan Muruk Rian. (*)

BACA JUGA: Konfirmasi Positif Covid-19 di KTT Bertambah Satu Kasus

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah