Tarakan

Kurangi Banjir, Jembatan Mulawarman Dilebarkan

PROSES pembangunan jembatan Mulawarman. (Foto: Sofyan)

TARAKAN, Koran Kaltara – Kelurahan Karang Anyar menjadi salah satu daerah langganan banjir saat curah hujan tinggi. Salah satu upaya Pemkot Tarakan untuk mengurangi debet air dengan cara melebarkan jembatan yang melintasi Jalan Mulawarman. Selama ini hanya hanya memiliki lebar 6 meter diperpanjang menjadi 10 meter agar air bisa mengalir deras ke arah laut.

“Pengerjaanya sudah sekitar 50 persen, tahun ini kami usahakan selesai. Untuk pondasi jembatan sudah dicor, Insya Allah bulan ini kami cor lagi jika kondisi cuaca bagus atau tidak hujan. Setelah itu menunggu 1 bulan hingga semen benar-benar kering baru diletakan gelagar dan dicor lagi dan menunggu 1 bulan supaya hasilnya baik,” terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Tarakan, Fandariansyah, Senin (10/5/2021).

Proyek ini sengaja dipercepat dengan target rampung Agustus 2021, karena terjadi kemacetan parah di pagi dan sore. Hal ini wajar mengingat Jalan Mulawarman merupakan salah satu jalan protokol yang cukup padat melintas.

“Itu nanti diaspal, setelah semua selesai dikerjakan. Pelebaran ini bertujuan untuk mengurangi volume banjir di Karang Anyar. Karena selama ini, air dari sungai dan drainase bertemu dan berputar-putar di sekitar situ. Makanya dilebarkan supaya air bisa langsung mengalir ke Karang Anyar Pantai dan ke laut,” ucapnya.

Awalnya, lebar jembatan Mulawarman depan masjid Darul Faizin ini hanya 6 meter tetapi nantinya akan menjadi 10 meter, sehingga air bisa langsung melewatinya tanpa hambatan. “Sungai samping Darul Faizin inikan dari Karang Anyar, terusan dari sana. Dengan dilebarkan, secara teknis dimensinya menjadi besar sehingga air yang melintasi juga banyak,” bebernya.

Sedangkan untuk sedimentasi pasir yang juga membuat sungai dangkal hingga menyebabkan air meluber, nantinya akan dilakukan pengerukan secara berkala agar air bisa mengalir secara normal. Disinggung mengenai anggaran, Fandariansyah menyebutkan sekitar Rp4 miliar yang berasal dari APBD.

‘Insya Allah Agustus ini selesai, kemarin sempat istirahat karena kita kasih waktu kepada Telkom, PDAM, PLN, dan pemilik jaringan utilitas lainnya untuk menggeser. Sehingga pekerjaan kami tidak mengganggu jaringan yang sudah ada,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa

Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah