Pendidikan

Kuota Mahasiswa Baru Unikaltar Terisi Hampir 50 Persen

Mahasiswa Baru - Tampak Lokasi penerimaan mahasiswa baru di Unikaltar. (Agung/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kuota mahasiswa baru di Universitas Kaltara (Unikaltar), sudah terisi 50 persen pada gelombang pertama pendaftaran. Demikian disampaikan Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2020/2021 Unikaltar, Sabarudin, Senin (13/7).

Dijelaskan Sabarudin, pihaknya menargetkan bisa menjaring 350 mahasiswa di tahun ajaran 2020/2021 ini. Angka tersebut, sesuai kuota maksimal daya tampung universitas. Secara teknis, Unikaltar masih membuka pendaftaran gelombang ke II sampai Bulan Agustus nanti.

“Untuk tahun kemarin itu, jumlah mahasiswa barunya antara 207 sampai 210 orang. Nah kalau saya, punya target harus di atas itu. Tadi saya cek di ruang pendaftaran, sudah ada 160 yang masuk,” kata Sabar – demikian disapanya, saat ditemui Koran Kaltara di ruang kerjanya.

Sebelumnya, tahap sosialisasi yang dilakukan lebih dominan dalam bentuk online. Terutama melalui media sosial. “Untuk sosialisasi sudah mengikuti aturan dari pusat. Kita lebih banyak melalui media sosial jadinya. Tapi sebelum pandemi sempat ke sekolah-sekolah. Terutama di Bulungan sini, Tana Tidung dan Malinau,” kata Sabar. “Sementara di Tarakan dan Nunukan, kita lebih banyak sebar brosur saja,” tambahnya.

Adapun, calon mahasiswa yang sudah mendaftar akan menjalani tes penilaian terlebih dahulu. Seluruh proses tes melalui skema jarak jauh. Baik online atau pemberian soal ujian.

“Setelah mendaftar, mereka akan tes online. Tapi kita juga memikirkan teman-teman calon mahasiswa yang tempat tinggalnya sulit jaringan. Jadi kita coba cari beberapa alternatifnya,” jelasnya.

Sementara itu, dalam pandemi covid-19, diungkapkan dia menjadi faktor yang menghambat penjaringan mahasiswa baru. Baik karena pembatasan mobilisasi masyarakat dan juga faktor ekonomi keluarga calon mahasiswa.

“Dalam pandemi ini ada kesulitan untuk menjaring mahasiswa baru. Seperti anak jadi malas keluar karena dikhawatirkan harus isolasi. Kemudian imbas pandemi ke ekonomi yang sangat luar biasa,” ujar Sabar.

Untuk diketahui bersama, terdapat delapan jurusan yang tersebar dalam empat Fakultas di Unikaltar. Yakni Ilmu Matematika dan Ilmu Fisika dan Fakultas MIPA. Kemudian Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Selanjutnya, Arsitektur dan Teknik Sipil di Fakultas Teknik. Lalu Manajemen dan Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi. Terakhir, jurusan Agroteknologi di Fakultas Pertanian. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah