Pendidikan

KTT dan Tarakan Sudah Selesaikan PMP Oline 100 Persen

Dr Jarwoko

TARAKAN, Koran Kaltara – Dari empat kabupaten dan satu kota di Kaltara, hanya Kabupaten Tana Tidung dan Tarakan yang mampu menyelesaikan input data Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) online 100 persen pada 2019.

Kedua daerah ini pun mendapatkan penghargaan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kaltara.

Kepala LPMP Kaltara, DR. Jarwoko mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dua daerah ini merupakan pengakuan atas kinerja bisa tercapainya dalam menggiring satuan pendidikan mengumpulkan data mutu pendidikan.

Pasalnya jika data tidak segera dikumpulkan, maka tidak akan keluar rapor mutu pendidikan yang dapat digunakan sebagai bahan perencanaan, termasuk melihat eksisting sekolah yang bersangkutan.

“Apa-apa yang sudah dianggap baik dan apa-apa yang perlu ditingkatkan ya dari rapor mutu pendidikan ini. Sehingga satuan pendidikan yang ada di kabupaten/kora bisa diupgrade, satuan pendidikan wajib memenuhi mutu pendidikan baik formal maupun non formal sehingga akan terlaksana penjamin mutu pendidikan,” terangnya, Jumat (18/9/2020).

LPMP yang berada di bawah kendali Kementerian Pendidikan secara langsung dan ditempatkan di setiap provinsi untuk memantau tugas ini. Tujuannya agar dapat melihat sekolah mana yang bisa didorong untuk ditingkatkan.

“Yang kita berikan penghargaan ini sekolah yang sudah memberikan data dan Tarakan sudah 100 persen, atau semua sekolah, baik negeri maupun swasta sudah menyerahkan data pemetaan mutu pendidikan melalui Dapodik. Di Kaltara ada dua yang sudah selesai, yaitu Tarakan dan Tana Tidung. Lainnya baru sekitar 50 persen, kalau secara keseluruhan di Kaltara ini baru terselesaikan 62 persen,” paparnya.

Diakui Jarwoko, kendala di Kaltara rata-rata terjadi di daerah yang blank spot atau belum terlayani internet. Namun di Tana Tidung yang juga memiliki area blank spot mampu menyelesaikannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tarakan, Tajuddin Tuwo menambahkan, pihaknya selalu mendorong pembina satuan pendidikan menuntaskan data tersebut.

“Alhamdulillah teman-teman sekolah bisa memenuhinya, dan pada hari ini LPMP memberikan penghargaan kepada kita karena seluruh kepala sekolah yang ada di Tarakan telah menuntaskan data mutu pendidikan,” urainya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah