Bulungan

Kredit Mesra dan Program Mantera untuk Tekan kemiskinan

Foto: Ilustrasi/Internet

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara Sejumlah program yang diusung bupati dan wakil bupati Bulungan diyakini bakal mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terlebih yang berkaitan dengan penanganan masalah kemiskinan, yang tetap menjadi perhatian Pemkab Bulungan.

Seperti diketahui, pada 2020 lalu angka kemiskinan di Bulungan tercatat sebesar 12,8 persen. Dari itu, Pemkab akan melakukan berbagai program secara lintas sektoral untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan, penanganan kemiskinan harus bersifat lintas sectoral. Juga lintas satuan kerja perangkat daerah (SKPD), agar hasil pembangunan berdampak langsung kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Kita juga telah menyiapkan beberapa program. Ini jika dijalankan akan mengatasi angka kemiskinan di Bulungan. Salah satunya, penguatan dan pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM),” ujarnya.

Pembinaan terhadap pelaku UMKM, menurut dia, bisa memiliki dampak dalam mengatasi persoalan yang ada di Bulungan. Sebelumnya Syarwani juga sempat melakukan paparan terkait beberapa program unggulan. Di mana salah satunya termasuk program prioritas yang akan dijalankan dalam mengatasi persoalan kemiskinan.

“Beberapa kegiatan program prioritas ini erat kaitannya dengan penanganan kemiskinan. Seperti, Mandiri dan Terampil (Mantera) Bulungan Berdaulat, Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera),” ungkapnya.

Selain itu, peningkatan kapasitas masyarakat melalui beasiswa vokasi berbasis potensi wilayah juga mejadi salah satu upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan kemiskinan di Bulungan.

“Kita harapkan dengan adanya program ini permasalahan kemiskinan dapat diatasi. Sehingga tahun ini tidak ada lagi angka kemiskinan di Bulungan dan program yang akan dijalankan akan berdampak langsung kepada masyarakat,” kata Syarwani.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Litbang Iwan Sugianta mengatakan, pada rapat perdana Bupati dan Wakil Bupati Bulungan periode 2021-2024 penanganan kemiskinan ini sudah sempat dibahas. “Sudah, dan sudah disosialisasikan juga kepada semua OPD terkait program yang akan dijalankan untuk menekan angka kemiskinan,” kata Iwan.

Dikatakan, penanganan kemiskinan di Bulungan ini sudah masuk ke dalam visi dan misi kepala daerah. “Seiring berjalannya waktu kita harapkan angka kemiskinan ini dapat betul-betul ditekan,” tandasnya. (*)

Reporter: Norjannah
Editor: Edy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah