Politik

KPU Tarakan Umumkan DPS, Masyarakat Diminta Mencermati

Komisioner KPU Tarakan, Jumaidah

TARAKAN, Koran Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan akan mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara 2020, Sabtu (19/9/2020) hari ini.

Masyarakat diminta untuk mengecek namanya masing-masing dalam DPS. Jika belum masuk dapat segera mendatangi Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk dimasukkan dalam data perbaikan.

Komisioner Bidang Data KPU Tarakan, Jumaidah mengatakan, pada Jumat sore (18/9/2020) pihaknya mulai mendistribusikan pengumuman DPS di tempat-tempat strategis yang akan dipasang oleh PPK dan PPS secara serentak yang dimulai pada Sabtu (19/9/2020) pukul 08.00 Wita.

“Masyarakat kita harapkan dapat mencermati DPS yang akan dipasang di tempat-tempat umum terutama di kantor kelurahan, terangnya, Jumat (18/9/2020).

Pengumuman ini akan dilakukan mulai 19-28 September sehingga ada kesempatan bagi warga untuk mengecek, namanya apakah sudah masuk dalam DPS atau belum.

Pada 29 September – 3 Oktober akan dilakukan perbaikan data DPS, KTP yang akan diterima dalam perbaikan data yang sudah elektronik, sedangkan KTP lama warna kuning tidak akan dapat digunakan untuk mendaftar dalam DPS.

Yang bersangkutan diwajibkan melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mendapatkan KTP elektronik.

“Yang kita akomodir adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang memiliki 16 digit. Ini sudah kita koordinasikan dan Disdukcapil menegaskan, NIK yang diakui yang memiliki 16 digit,” papar Jumaidah kepada awal media.

KPU Kaltara telah melakukan rekap DPS pada 15 September lalu, pada Jumat (18/9/2020) mulai didistribusikan ke KPU masing-masing kabupaten/kota dan DPS Tarakan tercatat sebanyak 143.605.

Jumaidah menegaskan, bahwa DPS ini sudah sesuai dengan data by name by address.

“Kita juga telah menyerahkan DPS ini ke partai politik, seharusnya ke tim pemenangan, namun pada saat ini belum terbentuk sehingga kita distribusikan ke partai politik sesuai dengan aturan yang lama. Ini sudah kita lakukan tadi pagi,” ungkapnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah