Politik

KPU Tarakan Menggelar Simulasi Pemungutan Suara Secara Riil

Simulasi pencoblosan oleh KPU Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap di TPS dalam pemilihan serentak tahun 2020, Sabtu (21/11/2020).

Simulasi pemungutan suara dilaksanakan di halaman SMP Negeri 2 Tarakan, Kelurahan Karang Balik dimulai pukul 07.00 Wita sampai dengan selesai.

Simulasi melibatkan warga kurang lebih 300 orang. Semuanya ada petugas TPS karena petugas yang akan terlibat langsung saat hati H pencoblosan.

“Jadi simulasi ini kita lakukan secara riil, pencoblosan itu kan mulai pukul 07.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita ditutup, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara sampai penggunaan aplikasi Sirekap,” ujar Ketua KPU Tarakan, Nasruddin.

Dia mengatakan, semangat dari simulasi ini adalah agar nanti pada saat hari H pencoblosan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi bisa diantisipasi, maka dimulai dilakukan secara riil betul-betul pada saat hari H.

“Misalnya ada kasus warga yang tidak mau diatur, tidak menjaga protokol kesehatan, semua akan tersimulasikan. Kemudian kita memberikan langkah-langkah pencegahan,” tuturnya.

Dia menegaskan, setiap jadwal pelaksaan pada saat proses tahapan pilkada secara berkala selalu diingatkan pencegahan Covid-19, minimal memakai masker, cuci, tangan, menjaga jarak.

Pantauan media di lapangan pelaksaan simulasi berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, dimana petugas menggunakan masker dan faceshield, serta sarung tangan.

Kemudian, warga yang akan menggunakan hak pilihnya, dimulai dari datang diperiksa suhu tubuhnya, cuci tangan, kemudian mendaftar. Setelah itu diberikan sarung tangan dan diberikan surat suara.

Selanjutnya, pemilih masuk ke bilik suara, memasukkan surat suara ke kotak suara. Terakhir, petugas akan memberikan tinta dengan cara ditetes ke salah satu jari pemilih usai mencoblos. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah