Politik

KPU Nunukan Bersihkan Data 339 Pemilih Ganda dan Meninggal

Kantor KPU Kabupaten Nunukan. (foto:DOK/Koran Kaltara)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan masih melakukan pemutakhiran data pemilih hingga 13 Agustus 2020. Ada sebanyak 339 pemilih ganda dan meninggal, yang akan dibersihkan KPU Nunukan.

“Dari 133 ribu pemilih, banyak data ganda yang ditemukan. Bahkan, data warga yang sudah meninggal juga masih terdata. Kalau data ganda dan meninggal dunia ada kurang lebih 339 orang. Ini akan bersihkan,” ungkap Komisioner KPUD Nunukan Divisi Perencanaan Data dan Informasi Mardi Gunawan kepada Koran Kaltara, Kamis (6/8/2020).

Dia menjelaskan, bahwa KPU Nunukan telah menerima data sebanyak 133 ribu jumlah pemilih. Namun data tersebut masih belum dibersihkan.

“Bahkan, ada penambahan sebanyak 600 pemilih. Ini merupakan pemilih pemula. Setelah dibersihkan ada sekitar 582 pemilih. Kalau berdasarkan penjaringan teman-teman di lapangan, belum bisa kita lihat berapa jumlahnya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Nunukan Rahman menyampaikan, bahwa data pemilih pemula kemungkinan akan bertambah.

“Kalau bicara pemilih pemula, artinya dia sudah masuk 17 tahun dan bisa memilih. Kalau persentasenya kita belum punya berapa,” ungkapnya.

Menurut dia, tidak sulit untuk mengetahui pemilih pemula. Tinggal memasukkan tahun lahir, maka sudah bisa mengetahui, apakah memiliki hak pilih atau belum. “Pemilih pemula ini kan baru pertama kali,” pungkasnya.

Dia mengatakan, dari pemutakhiran data ini, akan menjadi acuan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Nunukan. “Nanti data ini diplenokan di tingkat kecamatan. Baru naik ke tingkat kabupaten. Pemutakhiran data masih berjalan,” tambahnya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah