Nunukan

KPU Nunukan Baru Menetapkan Satu Pasangan Calon

Pleno penetapan pasangan calon Pilkada Nunukan di KPU Nunukan. (Foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan menetapkan satu bakal calon menjadi calon untuk maju Pilkada Nunukan. Penetapan itu melalui Keputusan KPU Nomor: 265/PL.02.1/6503/KPU-Kab/IX/2020.

Ketua KPU Nunukan Rahman menyampaikan, bahwa dari dua bakal calon yang mendaftar, baru satu yang ditetapkan sebagai calon, yakni pasangan Laura-Hanafiah.

“Penetapan ini sudah melalui proses panjang sesuai tahapan. Mulai pemeriksaan dokumen, perbaikan dokumen dan ditetapkan melalui rapat pleno. Artinya, secara ketentuan pasangan Laura-Hanafiah sudah menjadi calon untuk Pilkada 2020,” ungkapnya kepada Koran Kaltara, Rabu (23/9/2020).

Soal pasangan Danni-Nasir, kata dia, sesuai surat dinas KPU RI tanggal 18 September, disebutkan bahwa yang memenuhi syarat saja yang ditetapkan.

“Makanya, Danni-Nasir belum ditetapkan, karena syarat belum terpenuhi, yakni, pemeriksaan kesehatan. Untuk Danni, sebenarnya sudah terpenuhi pemeriksaan kesehatan, tapi wakilnya belum. Karena kita hanya menerima tiga pemeriksaan kesehatan saja,” tambahnya.

Menurut dia, saat ini Nasir masih dalam masa pengobatan.  “Jadi, nanti beliau akan menyerahkan hasil swab negatif dua kali berturut-turut. Kalau sudah menyerahkan itu, maka kami akan langsung mengeluarkan surat rekomendasi pemeriksaan kesehatan, kalau tidak ya kita tidak akan dikeluarkan rekomendasinya,” pungkasnya.

Selanjutnya, dia memastikan pasangan calon Laura-Hanafiah ini akan memegang nomor urut satu. Karena, sudah disebutkan dalam surat 788, langsung diberikan nomor urut satu.

“Munculnya surat 788 ini, karena surat pernyataan kita dari KPU Nunukan bagaimana menentukan nomor ini. Nah, besok (hari ini) tahapan pengambilan nomor urut, sudah pasti urut satu. Kalau penetapan ini hanya internal KPU saja tidak menghadirkan yang lain, nah pengambil nomor ini nantinya akan dihadiri calonnya, tim dan LO nya,” bebernya.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Nunukan, Kaharuddin menambahkan, satu pendaftar yang belum ditetapkan sebagai pasangan calon atas nama Danni Iskandar dan Muhammad Nasir karena, masih menunggu proses lanjutan dari penelitian syarat calon dan pemeriksaan kesehatan berdasarkan PKPU Nomor 10 tahun 2020.

“Jika hasilnya memenuhi syarat, maka bakal pasangan calon itu juga akan menyusul ditetapkan sebagai pasangan calon di waktu yang berbeda,” kata dia. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah