Politik

KPU KTT Target Partisipasi Pemilih Lebih 80 Persen

Ketua KPU KTT, Hendra Wahyudi

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Jumlah partisipasi pemilih dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu, di Tana Tidung mencapai 80 persen.

Sedangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015 dengan tiga pasangan calon (paslon), jumlah partisipasi pemilih juga sekitar 78 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Tidung, Hendra Wahyudi menuturkan dengan empat bakal pasangan calon (paslon) dalam Pilkada tahun ini, ia masih optimistis jumlah partisipasi pemilih tidak kurang dari Pileg tahun bisa lebih tinggi dari 80 persen.

“Ada peningkatan partisipasi pemilih, jadi antusias masyarakat untuk memberikan hak pilih sudah sangat baik. Kita optimis bisa lebih dari 80 persen,” ujarnya.

Wahyudi menambahkan, partisipasi pemilih dalam Pilkada Kaltara juga diharapkan bisa mencapai 80 persen.

Meski dalam Pilkada serentak di Kaltara ini, hanya Kabupaten Tana Tidung yang memiliki bakal paslon dari jalur independen, ia mengaku tetap optimis.

“Memang hanya di Tana Tidung yang calonnya (perseorangan) memenuhi syarat. Dibandingkan kabupaten lain dan di provinsi juga sempat ada, cuma pada saat pendaftaran tidak memenuhi syarat karena syarat minimal pendukungnya tidak terpenuhi,” jelasnya.

Sedangkan di Kabupaten Bulungan, bakal paslon dari jalur independen juga tidak mencapai syarat minimal yang ditentukan setelah waktu perbaikan selesai.

Di Tana Tidung, diungkapkan Wahyudi jumlah pendukung dari jalur independen ini malah lebih dari syarat minimal.

Bakal paslon wajib mendapatkan pendukung, dengan jumlah 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) akhir dalam pemilu sebelumnya. Ternyata, dari hasil verifikasi administrasi dan de facto, jumlah pendukung yang dilampirkan sudah lebih dari 15 persen.

“Kami minta sesuai syarat minimal itu 1.498 dan ternyata ada sekitar 3.800 pendukung yang dimasukkan dan memenuhi syarat sekitar 1.300 pendukung dari jalur independent. Jadi, meskipun jumlah pemilih di Tana Tidung ini menyebar ke desa-desa yang jaraknya jauh, tapi masyarakatnya memiliki keinginan untuk berpolitik cukup tinggi,” bebernya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah